Palu Raih WT tapi SPI masih Lemah

PALU – Kota Palu dinyatakan berhak mendapatkan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2012 yang diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan) RI Perwakilan Sulteng. Predikat itu mengandung arti bahwa Pemkot Palu dalam pengelolaan keuangannya telah sesuai dengan koridor aturan yang telah ditetapkan. Meski demikian, BPK RI juga menggaris bawahi bahwa dalam kenyataannya, Pemkot Palu masih cukup lemah dalam Sistem Pengawasan Internal (SPI).

“Hasil pemeriksaan LKPD Kota Palu menujukkan bahwa masih terdapat kelemahan dalam implementasi Sistem Pengendalian Internal (SPI), yang diindikasikan dalam lima temuan dan lima ketidakpatuhan pada perundang-undangan,” ungkap Kepala Perwakilan BPK RI Sulteng, Sumardi pada acara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LPH) ahun 2012 yang diserahkan kepada Walikota Palu, Rusdi Mastura, Rabu (22/5).

Disebutkan, kelemahan tersebut mencakup rekonsiliasi bank dan pentupan yang tidak dilakukan secara periodik, data wajib pajak dan obyek pajak PBB Tahun 2012 yang tidak aurat. Tak hanya itu, pengendalian aktivitas penagihan pajak mineral bukan logam dan batuan tidak memadai, termasuk penatausahaan dan pengamanan aset tetap serta pengendalian belanja bantuan sosial hibah yang kurang memadai.

Ketidakpatuhan pada perundang-undangan tergambar pada realisasi pembayaran gaji PNS yang mencapai batas usia pensiun, tunjangan profesi guru yang dibayarkan kepada yang tidak berhak, pertanggungjawaban realisasi belanja perjalanan dinas yang terindikasi tidak benar.

Bukan itu saja, realisasi volume pekerjaan belanja modal juga tidak sesuai kontrak dan dana hibah pemkot yang belum sepenuhnya dapat dipertanggungjawabkan terutama kepada Yayasan Pendidikan Nosarara Nosabatutu dan Politeknik Palu.

Meski demikian lanjut Sumardi, opini atas LKPD Palu tahun 2012 ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumya. Ini katanya adalah indikasi perbaikan yang terus dilakukan oleh Pemkot. Ia berharap ke depan akan lebih baik, lebih tertib, taat, akuntabel dan transparan. (a’da/*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here