WTP Untuk 7 Kabupaten di Sulteng

0
164

PALU – Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) diraih oleh tujuh kabupaten di Sulteng dalam pelaporan keuangannya. WTP berarti kabupaten yang bersangkutan mampu mengelola keuangan di daerahnya dan mempertanggungjawabkannya sesuai dengan tata kelola yang tertib, taat, akuntabel dan transparan. Ke-7 kabupautan itu masing-masing Banggai, Banggai Kepulauan, Poso, Morowalo, Tojo Unauna, Donggala dan Sigi.

Kepala Perwakilan BPK RI Sulawesi Tengah, Sumardi usai menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LPH) Laporan keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), Selasa (21/5) menyatakan, secara umum kinerja laporan keuangan pemrentah daerah di tahun 2012 lebih baik dari tahun sebelumnya. Tahun lalu, hanya tiga daerah yang bisa meraih predikat tersebut, yakni Donggala, Sigi dan Banggai Kepulauan.

Disebutkan, tahun ini Poso, Tojo Unauna, Morowali dan Banggai adalah kabupaten yang baru tahun ini meraih predikat WTP tersebut. Artinya daerah-daerah tersebut tela melakukan tindaklanjutnatas rekomendasi temuan pemeriksaan atas laporan keuangan tahun sebelumnya.

Ia mengakui, ada beberapa temuan dalam pemeriksaaan selama tahun 2012 tersebut dan itu merata di seluruh kabupaten yang dipreiksa laopran keuangannya. Namun sekali lagi Sumardi menegaskan bahwa temuan itu tidak mempengaruhi laporan keuangan secara signifikan. (a’da)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here