Kesetrum, Siswa PKL SMK 3 Palu Tewas

POSO – Asman, salah seorang pelajar yang berstatus pekerja Magang dari SMK Negeri 3 Palu tewas dalam sebuah kecelakaan kerja saat melakukan pemasangan jaringan listrik oleh kontaktor jaringan PLN di lokasi PLTA Poso di Tentena, Kabupaten Poso Sulawesi Tengah pada Minggu (19/5).

Informasi yang dihimpun dari pihak Kepolisian pada Senin (20/5), kronologis peristiwa itu bermula pada saat pemasangan kabel jaringan oleh pekerja suplier kontraktor yang dipekerjakan oleh PLN. Seorang pekerja bernama Bendrat yang bertugas mengikat kabel menyentuh kabel bertegangan 20 KV yang berada diatasnya yang kemudian menyebabkan anggota pekerja lainnya termasuk Asman (18) tersetrum dan terjatuh dari tiang listrik pada ketinggian sekitar 7-8 meter.

Asman menderita cedera patah tulang tengkorak belakang, keluar darah dari mulut dan telinga. Korban akhirnya meninggal dunia setelah di rawat di RSU Sinar Kasih Tentena pada pukul 11.15 wita.

Pejabat Humas PT. Poso Energy Aslori yang dihubungi menyesalkan terjadinya peristiwa kecelakaan kerja yang menewaskan seorang pekerja siswa magang. Menurutnya kegiatan pemasangan jaringan itu dilakukan oleh sub kontraktror yang diperkejakan oleh pihak PLN di Poso. “Pemasangan kabel jaringan itu dilakukan oleh pihak PLN, jadi bukan oleh kami, jadi mungkin pihak PLN di Tentena yang dapat dikonfirmasi”.

Kepala Kepolisian Sektor Pamona Utara Iptu Eddward Panjaitan yang di konfirmasi mengatakan pihaknya sedang melakukan penyedikan terkait peristiwa itu. “Kami masih lakukan mencari tahu apakah ada unsur pidana dalam kejadian tersebut” sebutnya.

Dikatakan berdasarkan penuturan saksi mata di lokasi, pada saat pengerjaan pemasangan kabel jaringan itu, korban tidak menggunakan peralatan standar keselamatan kerja yang memadai.

Jenazah Asman sendiri telah dibawa pihak keluarga di Palu. (Jo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here