JIHANDAK LEDAKKAN BENDA MENCURIGAKAN DI POLSEK PALTIM

PALU-Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Polda Sulteng meledakkan benda mencurigakan yang ditemukan di samping Mapolsek Palu Timur, Minggu (19/5) dinihari. Benda yang terbuat dari botol berisi bubuk dan dililit kabel itu diduga bagian dari aksi teror terhadap pihak kepolisian di Palu.
Sekitar pukul 01.30 Wita dinihari, Tim Jihandak Polda Sulteng meledakkan benda mencurigakan tersebut, setelah sebelumnya mencoba mengurai dan menemukan bahan berbahaya dalam paket yang diletakkan di areal Polsek Palu timur.
Berdasarkan keterangan Kapolres Palu, AKBP Trisno Rahmadi kepada wartawan, benda itu awalnya ditemukan oleh pemulung, Sabtu (18/5) malam di dalam sebuah kardus yang diletakkan di sudut halaman Mapolsek Palu Timur, karena  curiga iapun memindahkan barang tersebut ke samping Mapolsek dan  melaporkannya ke penjagaan. 
Oleh polisi, barang itu kemudian diperiksa. Karena menemukan sebuah rangkaian kabel yang melilit botol, polisi kemudian menindaklanjuti temuan itu dengan menghubungi tim penjinak bom untuk memastikan isi paket .
Dari hasil pemeriksaan tim Jihandak, dalam paket tersebut ditemukan botol air mineral berisi bubuk putih dan tersambung kebaterai dengan menggunakan kabel. “Kami masih memeriksa jenis bubuk yang ditemukan dalam botol tersebut, tapi kuat dugaan itu bukan bahan peledak,” kata Trisno.
Penemuan benda itu diduga merupakan rangkaian aksi teror yang dilancarkan oleh pihak tertentu ke pihak kepolisian, mengingat beberap hari sebelumnya juga ditemukan benda yang hampir sama di belakang kantor Mapolres Palu. “Kami menduga ini direncanakan, dan kami akan terus meningkatkan kewaspadaan,” ujar Kapolres. (ballo/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here