Nyaman Sekolah dengan Rotan

PALU – Program Nyaman Sekolah dengan menggunakan Rotan atau Comforrt School with Rattan (CSR) resmi diluncurkan oleh Kementerian Periundustrian RI, melalui wakilnya Alex Retraubun di Ruang Pogombo, Selasa (14/5). Selain untuk mendorong industri rotan dalam negeri, program tersebut sekaligus untuk memberikan nilai tambah rotan bagi daerah, terutama Sulawesi Tengah yang dikenal sebagai daerah penghasil rotan terbesar di Indonesia.

Perwujudan program tersebut yaitu dengan menyarankan sekolah-sekolah menggunakan perabot yang terbuat dari rotan. Menurut Walikota Palu, Rusdi Mastura, hingga saat ini sudah ada 13 Sekolah Dasar di Palu yang menggunakan perabot terbuat dari rotan untuk kegiatan belajarnya, mulai dari kursi sampai meja-meja bagi siswa. Berikutnya katanya, meubel sekolah juga akan dilengkapi dengan bahan yang terbuat dari rotan.

Jumlah tersebut disebutnya masih sangat kurang dibanding jumalh sekolah yang ada. Sedikitnya dibutuhkan 2.400 meja dan 4.800 kursi agar semua sekolah dasar di palu dapat memenuhi penggunaan rotan tersebut. Itu baru meja dan kursinya belum termasuk mebel kantor bagi ruang-ruang guru dan kepala sekolah.

Wamen mengapresiasi gerakan rotanisasi yang dilaukan oleh Pemkot Palu. Ia bahkan memberikan bantuan untuk mendukung program tersebut yang diperoleh dari dana tanggungajwab sosial sejumlah perusahaan. (a’da)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here