Sulteng Mulai Rintis Pembangunan Energi Panas Bumi

PALU-Dinas Energi Sumberdaya Daya dan Mineral Sulawesi Tengah merintis pembangunan energi panas bumi sebagai upaya menghadapi makin mahalnya energi fosil yang setiap tahunnya mengalami penurunan.

Bambang Sunaryo Kepala Dinas ESDM Sulteng mengatakan sekaitan dengan energi yang tidak terbarukan maka perlu mencari solusi alternatif untuk mengembangkan sumber-sumber energi yang terbarukan semisal energi panas bumi.

“Wilayah Sulteng memiliki banyak sumber-sumber energi panas bumi yang sedang dirintis untuk dikelola sebagai alternatif sumber energi baru pengganti energi fosil,”kata Bambang

Dia menyebutkan yang sedang dirintis  energi panas bumi yang berada di Desa Bora Kabupaten Sigi dan Kota Palu yang diperkirakan dapat membangkitkan energi listrik dengan kapasitas 130 Mega Watt yang akan ditangani oleh Pempro Sulteng.Sedangkan untuk Desa Marana Kabupaten Donggala memiliki kapasitas 30 Megawatt yang kini masuk dalam proses pelelangan.

“Mudah-mudahan dengan beroperasinya energi panas bumi tersebut bisa menggantikan mesin-mesin diesel yang menggunakan energi fosil dan lebih ramah lingkungan dari pada menggunakan mesin-mesin diesel,”Harapnya.

Selain mengupayakan energi panas bumi  juga dikembangkan energi panas matahari dan bio energi di Kabupaten Tojo Unauna dan ParigiMoutong yang harapannya masyarakat bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan terutama untuk kebutuhan listrik.(bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here