Published On: Wed, May 1st, 2013

Kelompok bahan makanan penyumbang deflasi terbesar di Palu

Share This
Tags

Palu-Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Tengah menyebutkan pada April 2013 kelompok bahan makanan salah satu penyumbang deflasi di Kota Palu.
Yohanes De Brito Priyono, Kepala BPS Sulteng menyebutkan penurunan indeks terjadi pada  Kelompok Bahan Makanan sebesar -3,72 persen, Kelompok Makanan Jadi, Minuman, Rokok dan Tembakau sebesar -0,01 persen, Kelompok Perumahan, Air, Listrik, Gas dan Bahan Bakar sebesar -0,02 persen, Kelompok Sandang sebesar -0,04 persen dan Kelompok Pendidikan, Rekreasi dan Olahraga
sebesar -0,08 persen.

” Satu-satunya kenaikan angka indeks hanya terjadi pada Kelompok Transpor, Komunikasi dan Jasa Keuangan sebesar 0,16 persen sedangkan Kelompok Kesehatan pada bulan ini tidak mengalami perubahan indeks,”sebutnya.

Ia menyampaikan bahwa komoditas kelompok makanan yang mengalami kenaikan harga selama bulan April 2013 antara lain kacang hijau, bawang merah, kol putih, udang kering, daun singkong, sawi hijau, kacang tanah, kangkung, jeruk, tauge, teri, kacang panjang, kembung, gula merah, tomat sayur, mie instan, dan ketimun. 

Lebih lanjut disampaikan padaApril 2013 di Kota Palu terjadi deflasi sebesar -0,95 persen, dengan indeks dari 143,27 pada Maret 2013 menjadi 141,91 pada April 2013. Pada tingkat nasional dari 66 kota pantauan, 28 kota mengalami inflasi sedangkan 38 kota lainnya mengalami deflasi.

Inflasi tertinggi  terjadi di Kota Padang  Sidempuan sebesar 0,81 persen dan deflasi tertinggi terjadi di Kota Maumere sebesar -1,20 persen. Kota Palu menduduki peringkat ke-2 deflasi tingkat nasional dan ke-1 tingkat daerah Kawasan Timur Indonesia. 

Sedangkan untuk laju inflasi tahun kalender sampai dengan bulan ini yaitu sebesar -0,30 persen, sedangkan laju inflasi “year on year ” (April 2013 terhadap April 2012) adalah sebesar 4,80 persen(bal)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>