PALU – Hari Ulang Tahun (HUT) ke-49 Provinsi Sulawesi Tengah dimeriahkan dengan lomba panjat pohon pinang yang dipusatkan di Pantai Talise, Minggu (14/4). Sedikitnya, 49 pohon pinang yang disediakan oleh panitia untuk dipanjat yang tersebar di sepanjang pantai.

Gubernur Sulteng, Longki Djanggola dalam seremoni pembukaan lomba panjat pohon pinang itu menyatakan, kegiatan itu dimaksudkan untuk memberi hiburan kepada masyarakat sekaligus mengikutsertakan masyarakat untuk merayakan peringatan hari lahir provinsi Sulteng.

Longki tidak ingin peringatan HUT provinsi Sulteng itu dikesankan hanya dirasakan oleh segelintir orang, terutama oleh hanya dikalangan pejabat dan bersifat seremonial belaka, tetapi juga dirasakan oleh masyarakat. “Kita ingin masyarakat merasakan kegembiraan itu,” ujar Longki.

Jumlah 49 pohon pinang yang disiapkan pantitia itu bermakna usia 49 tahun provinsi Sulteng. Diharapkan, dengan usianya yang setahun lagi menjadi setengah abad, Sulteng akan semakin matang dalam menatap percepatan pembangunan ke depan, terutama mensejajarkan diri dengan provinsi-provinsi yang sudah maju di kawsan Timur Indonesia.

Lomba dimulai sekitar pukul 09.00 WITA. Ribuan warga terlihat memadati kawasan pantai yang kerap dijadikan kawasan santai di malam hari tersebut. Pesona Pantai Talise dengan sepoi angin yang berhembus dari laut mendinginkan suasana yang pada hari itu cukup panas.

Pekikan suara para penonton yang memadati lokasi lomba terdengar ketika para peserta berlomba menuju puncak pohon pinang yang berhadiah jutaan rupiah setiap pohonnya itu.

Seorang warga mengusulkan, andai saja lomba itu disatukan dalam satu kawasan saja, dipastikan akan lebih semarak. “Sekarang menjadi terpecah-pecah karena titik-tikik pohon pinang tersebar. Coba kalau dipusatkan di satu tempat saja, pasti lebih heboh dan seru,” tanggapnya. (a’da)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *