Published On: Thu, Jan 3rd, 2013

FUIP Sulteng desak Kapolri mencopot Kapolda Sulteng

Palu-Puluhan warga dari Forum Umat Islam Peduli Sulawesi Tengah (Sulteng) mendatangi Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat untuk mendesak Kepala Kepolisian Republik Indonesia untuk mencopot Kepala Kepolisian Daerah Sulteng dari jabatannya.

“Warga menilai sejak kepemimpinan Kapolda Sulteng Brigjenpol Dewa Parsana banyak kasus yang tidak terselesaikan,”ujar pengunjuk rasa di gedung DPRD Sulteng.

Mereka menyampaikan tingginya kasus pertikaian antardesa dan kelurahan yang terjadi di Kota Palu dan Kabupaten Sig.Disamping itu pula sebanyak sepuluh warga sipil yang tewas ditembak aparat kepolisian.Tak hanya itu delapan anggota kepolisian yang tertembak di Poso dan di Kota Palu juga tewas.

“Semua itu terjadi pada masa kepemimpinan Kapolda Sulteng,”ungkap pengunjuk rasa dalam orasinya yang kemudian diterima oleh Anggota dewan Ridwan Yalidjama.

Ridwan Yalidjama dihadapan pengunjuk rasa mengatakan bahwa apa yang menjadi tuntutan mereka akan disampaikan kepada Komisi I DPR RI,”Apa yang menjadi desakan maupun tuntutan kalian akan saya sampaikan ke Komisi I DPR RI,”ujar Ridwan Yalidjama.

Aksi demo yang menuntut agar Kapolda Sulteng Brigjen Polisi Dewa Parsana dicopot secara dari jabatannya berlangsung dengan aman dan tertib. Warga yang tergabung dalam FUIP Sulteng memberi waktu selama tiga kali dua puluh empat jam kepada Kapolri untuk mencopot Kapolda Sulteng.

“Jika keinginan mereka tidak dipenuhi kami akan kembali melakukan aksi dengan jumlah massa yang lebih besar,”kata pengunjuk rasa.(put)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>