Kenalkan Nilai-Nilai Antikorupsi, KPK Luncurkan Buku Anak “Tunas Integritas” di Indonesia Book Fair

Jakarta- Dalam upaya pencegahan korupsi dengan menanamkan nilai-nilai dan budaya antikorupsi, KPK menerbitkan buku bacaan anak Tunas Integritas yang diluncurkan secara resmi pada acara Indonesia Book Fair (IBF) 2012. Peluncuran buku dilakukan Ketua KPK Abraham Samad, hari ini (19/11) di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Tunas Integritas merupakan sebuah program pendidikan antikorupsi untuk jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) berbentuk buku bacaan untuk memenuhi hak-hak anak memperoleh pendidikan yang menyenangkan melalui pendekatan mendongeng.  “Buku ini menanamkan nilai-nilai kebaikan, seperti jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil dengan cara yang menghibur serta tidak menggurui,” papar Abraham.

KPK menilai, pendekatan dan metode yang tepat dalam menanamkan nilai-nilai antikorupsi penting  dilakukan. Kata korupsi mungkin sulit dipahami anak-anak usia dini. Namun, menanamkan kesadaran dan pemahaman akan bahaya korupsi pada usia dini sangat penting, sekaligus dapat menumbuhkan integritas diri. “Selain itu, peran keluarga, guru dan praktisi pendidik yang memiliki peran sentral dalam pembentukan karakter dan integritas diri tidak dapat dilepaskan,” lanjut Abraham.

Untuk itu, lanjutnya, dalam rangkaian penerbitan hingga peluncuran buku Tunas Integritas, KPK melibatkan semua stakeholder terkait, mulai dari guru TK, praktisi PAUD, komunitas pendongeng, hingga kreator bacaan anak-anak. Selain itu, beberapa workshop diselenggarakan untuk meningkatkan kapasitas para duta Tunas Intergitas dalam menyampaikan nilai-nilai antikorupsi kepada anak usia dini sehingga diharapkan akan lahir generasi masa depan yang antikorupsi.

“Ke depan, selain terus mengembangkan jaringan duta Tunas Integritas, pengembangan buku ini akan dibuat dalam bentuk animasi, games, dan produk inovasi lainnya, yang akan memberikan pilihan lebih luas kepada masyarakat untuk mengakses,” imbuh Abraham.

Buku yang merupakan hasil kerja sama antara KPK dan Forum Penulis Bacaan Anak (FPBA) ini terdiri atas enam seri, yang masing-masing berjudul “Wuush”, ”Byuur”, “Ungu di Mana Kamu?”, “Ya Ampun!”, “Ini, Itu?”, dan “Hujan Warna-warni”. Selain peluncuran buku, pada acara tersebut KPK juga membuka stan yang menampilkan buku Tunas Integritas, perangkat sosialisasi antikorupsi, dan produk-produk penerbitan KPK lainnya. Pengunjung juga akan diajak terlibat langsung dalam kegiatan “Parade Tokoh Bercerita”, story telling, dan wisata baca.(*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here