Japan Credit Rating Agency, Ltd. (JCR) Melakukan Afirmasi Sovereign Rating Indonesia

Lembaga pemeringkat dari Jepang, Japan Credit Rating Agency, Ltd (JCR) pada Selasa,13 November 2012 mengafirmasi Sovereign Credit Rating Republik Indonesia pada BBB-/stable outlook.Hal itu di sampaikan Kepala Grup Hubungan Masyarakat Difi A. Johansyah

Dalam siaran persnya hari ini, JCR menyatakan bahwa faktor kunci yang mendukung keputusan afirmasi bagi sovereign credit rating Indonesia adalah (1) Pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan yang didukung oleh permintaan domestik yang solid (2) Beban utang publik yang rendah sebagai hasil dari pengelolaan fiskal yang berhati-hati (3) Peningkatan cadangan devisa sebagai buffer terhadap external shocks.

Secara lebih rinci, analis JCR menyatakan bahwa Indonesia akan tetap mempertahankan kestabilan makroekonomi dan kesehatan fiskal ditengah pertumbuhan ekonomi yang moderat pada tahun yang akan datang. Selain itu, untuk lebih memperkuat ketahanan terhadap ketidakpastian kondisi eksternal, meningkatkan kepercayaan internasional, dan mendorong potensi pertumbuhan ekonomi, Indonesia harus melakukan perbaikan dalam hal investasi, lingkungan bisnis, dan melakukan reformasi struktural termasuk mengurangi tingkat subsidi pemerintah.

Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution menyatakan, “Afirmasi peringkat tersebut, menunjukkan pengakuan bahwa perekonomian Indonesia masih tercatat sebagai salah satu ekonomi yang paling stabil dalam hal mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Namun hal ini harus tetap menjadi motivasi untuk meningkatkan kualitas pertumbuhan ekonomi guna memperoleh pencapaian yang lebih baik lagi”.

Rating action terakhir dilakukan oleh JCR pada tanggal 24 Agustus 2012 pada saat lembaga pemeringkat tersebut mengafirmasi Sovereign Credit Rating Republik Indonesia pada BBB-/stable outlook(sumber www.bi.go.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here