PALU-Aksi bentrok warga di Desa Karawana dan Desa Soulove yang terjadi sejak Senin lalu akhirnya sepakat berdamai demikian pula dengan Desa Tulo yang sebelumnya sempat bentrok yang menimbulkan 14 warga terluka terkena tembakan senapan angin dan dum dum.

Kesepakatan damai ketiga desa tersebut diwarnai suasana haru dan isak tangis dari ketiga warga desa yang terlibat bentrokan saling salam-salaman dan berpelukan di batas Desa Karawana dan Desa Soulove Patua.

Perjanjian damai ini digagas oleh kelompok pemuda antar desa yang bertikai dalam perjanjian ini ketiga desa yang bertikai menyepakati empat poin penting diantaranya mereka tidak akan melakukan bentrokan lagi.Apabila terlibat bentrok mereka siap di proses secara hukum .

Camat Dolo Azhar Latjinala mengatakan kesepakatan damai ini digagas oleh kelompok pemuda dan tokoh masyrakat dari ketiga desa yang terlibat bentrokan,”Saya berharap perjanjian damai ini dapat dijaga oleh ketiga desa agar peristiwa bentrokan diantara ketiga desa tidak terulang kembali,”harapnya.

Perjanjian damai ketiga desa yang berikai ini dinamakan sintuvu maroso yang artinya sepakat untuk membangun dan menjaga kekokohan diwilayah Kabupaten Sigi. Sebelumnya ketiga warga desa tersebut terlibat bentrokan sejak Senin malam hingga Selasa pagi tadi bentrokan ini merupakan bentrokan susulan.(Oi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *