Longsor di Bangkep, 3 Tewas

0
105

BANGKEP- Bencana longsor memporak-porandakan Kota Salakan di Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah setelah diguyur hujan sejak beberapa hari terakhir ini. Sedikitnya 3 orang tewas dan puluhan orang luka pada musibah yang terjadi Minggu (8/7) sekitar pukul 10.00 wita tersebut.

 

Longsor itu terjadi di Bukit Trikora, tepat pada daerah jalan menuju kompleks perkantoran yang setiap harinya ramai dilalui baik kendaraan maupun pejalan kaki.

Pemerintah setempat menerjunkan beberapa unit alat berat dibantu warga untuk melakukan evakuasi terhadap korban yang tertimbun. Tiga korban tewas ditemukan di timbunan tanah yang longsor saat evakuasi dilakukan, termasuk salah seorang korban berusia 2,5 tahun.

Seorang saksi mata menyebutkan, kejadian longsor itu sangat cepat dan langsung menimbun rumah.

Puskesmas di Salakan melaporkan, 17 warga mengalami luka-luka termasuk anak-anak. Beberapa korban dirujuk ke RSUD Luwuk untuk dirawat lebih lanjut karena Puskesmas tersebut tidak cukup memilik fasilitas.

Bupati Bangkep Lania Laosa tampak langsung mengunjungi korban. Ia mengisntruksikan kepada warga yang masih berdiam di lokasi longsor, agar segera diungsikan ke rumah jabatan bupati. Ia juga mengingatkan warga tentang potensi longsor susulan lantaran hujan masih terus mengguyur.

Hingga berita ini diturunkanm jalan Trikora ditutup. Arus jalan menuju kompleks perkantoran dialihkan dari arah Bongganan. Hujan deras masih terus mengguyur wilayah Salakan dan sekitarnya. Sarana komunikasi sulit tersambung akibat cuaca buruk. (a’da)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here