Kampanye Pemilukada Buol Nyaris Rusuh

0
182

BUOL – Kampanye Pemilukada Buol nyaris rusuh menyusul terjadinya insiden kecelakaan lalulintas yang pelakunya menyeruput masuk ke lapangan Lakea Desa Lakea 1, Kecamatan  Lakea, Buol tempat dilaksanakannya kampanye Sontak saja, massa panik dan berhamburan karena dikira terjadi upaya penggagalan kampanye oleh salah satu kandidat yang berkampanye pada saat itu. Aparat Brimob yang bertugas untuk pengamanan kampanye itu terpaksa melepaskan tembakan menggunakan peluru karet.

Sumber beritapalu.com di lokasi kejadian melaporkan, pada pukul 17.15 waktu setempat, seorang pengendara motor tipe Vega ZR warna putih yang belum diketahui identitasnya menabrak seorang warga bernama Sumar (70) yang baru pulang dari masjid dan tewas seketika. Karena takut, pengendara tersebut berlari ke lapangan Lakea tempat dilaksanakannya kampanye pemilukada yang saat itu oleh kandidat no.3 Amran Batalipu – Machmud Baculu.

Masyarakat di sekitar tempat kejadian perkara (TKP) mengejar penabrak hingga masuk ke lapangan tersebut. Polisi Brimob yang melakukan pengamanan pada kampanye tersebut berusaha menahan warga yang melakukan pengejaran tersebut. Namun upaya tersebut gagal karena masyarakat demikian emosi atas kejadian penabrakan tersebut. Masyarakat menghiraukan larangan tersebut dan terus memburu pelaku dan memukulinya.

Melihat situasi yang tidak terkendali tersebut, polisi akhirnya melepaskan tembakan ke udara dan kemudian menembak mengunakan peluru karet ke arah warga yang tidak terkendali. Seorang warga bernama Barlianta (28) terkena tembakan dari senjata jenis SS1. Setelah massa mulai dapat dikendalikan, anggota Brimob kemudian membawa pelaku penabrakan ke Polres Buol

Tidak selesai sampai di situ, penembakan itu justru memicu kemarahan warga. Warga menjadi brutal dan membakar sebuah truk patroli polisi.

Hingga berita ini diturunkan, aparat kepolisian masih berjaga-jaga dan masyarakat juga masih berjaga menunggu polisi yang akan melintas di Lakea.

Sementara itu, Kapolda Sulawesi tengah, Brigjen Pol. Dewa Parsana yang dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Kata Parsana, insiden itu berawal dari lakalantas yang terjadi di Desa Lakea dan pelakunya masuk ke lapangan tempat kampanye itu digelar. Parsana memohon kepada warga untuk tenang dan tidak terpancing dengan isu-isu yang dapat memprovokasi.

“Kasus lakalantas akan ditangani dengan tuntas dan ketegangan polisi dengan warga juga akan saya selidiki dengan tuntas pula,” tegas Kapolda Parsana.

Kapolda meminta agar semuanya kembali fokus mensukseskan Pemilukada Buol agar berlangsung aman dan lancar serta damai demi kesejahteraan masyarakat Buol ke depan.(ada/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here