MELIPUT PILKADA SECARA CERDAS

PALU,(27/2) – Meliput Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara cerdas, demikian yang ditegaskan Darlis Muhammad, pada kegiatan Pelatihan Liputan Pemilukada Damai yang diselenggarakan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu.

“Bagi reporter politik pemilu dalam konteks nasional dan daerah (Pilkada) ibarat olimpiade bagi reporter olah raga seperti olimpiade, pemilu dipandang sebagai peristiwa penting dalam politik. Tak mengherankan bila media tak mau ketinggalan untuk terlibat dalam peristiwa yang akrab dengan sebutan pesta demokrasi,”Ujar Darlis.Ia mengatakan media memang memiliki peran penting dalam proses pemilu. Dalam bahasa klasik, media harus menjadi watch dog untuk menjaga agar pemilu tetap berlangsung bebas, adil dan damai.

”Sayangnya, media kerap dikritik karena pemberitaan pemilunya cenderung didominasi jurnalisme pacuan kuda. Di sini fokus liputan media diarahkan pada persaingan antar kandidat atau antar-partai semata. Sementara kepentingan pemilih justru kerap dilupakan,”ungkap Darlis.

 Darlis menjelaskan jurnalis memang bukan pakar pemilu dan tak harus menjadi pakar pemilu.Namun demikian dengan mempelajari seluk beluk pemilu, ia akan terbantu dalam menghasilkan berita-berita pemilu yang berkualitas.

Ia menambahkan pemahaman sistem pemilu akan sangat membantu jurnalis untuk meliput kegiatan pemilu secara kritis dan cerdas, bukan sekedar mengikuti irama gendang yang ditabuh peserta pemilu.

”Liputan yang kritis,cerdas dan menarik jelas akan membantu publik dalam menentukan pilihannya,yang pada gilirannya akan berpengaruh pada kualitas dan legitimasi pemerintahan yang kelak terbentuk. Dengan demikian peran jurnalis dan media dalam mendorong pemilu yang demokratis akan lebih maksimal.”harapnya.(bp003)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here