RATUSAN PERSONEL BRIMOB KELAPA DUA POLRI DIPULANGKAN

0
159

Palu, 31/10 – Sebanyak 170 personel Brimob atau satu Satuan Setingkat Kompi (SSK) lebih dari Mabes Polri yang bertugas sebagai tambahan pasukan pengamanan pascakerusuhan di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah (Sulteng), ditarik dan dipulangkan kembali ke markas satuannya di Jakarta.

 

Wakapolda Sulteng Kombes Polisi Dewa Parsana mewakili Kapolda Brigjen Polisi Amin Saleh berkesempatan memimpin apel pelepasan dan pemberangkatan ratusan personel Brimob Mabes Polri balik ke Jakarta di Bandara Mutiara Palu, Sabtu malam.
Dalam kesempatan itu, Wakapolda Dewa Parsana mengucapkan terima kasih kepada para pasukan Brimob yang sampai saat ini telah mengendalikan dan memulihkan keamanan pascakerusuhan berdarah di wilayah itu.
Ia mengatakan, selain bertugas mengamankan wilayah, tugas di Buol itu juga merupakan pekerjaan mulia yang tentunya bisa memperkaya pengalaman dan pelajaran bertugas di wilayah konflik.
“Tugas di Buol itu adalah mulia karena memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat,” ujar orang kedua di Polda Sulteng itu.
Ia juga meminta maaf kepada para pasukan soal adanya keterbatasan sarana seperti penginapan, transportasi, dan dukungan logistik makanan, sehingga berpengaruh pada kinerja selama bertugas di wilayah Buol.
“Maka dari itu saya mendoakan agar selamat tiba di tujuan dan bisa kembali lagi bertugas dan berkumpul bersama keluarga,” ujar Dewa Parsana.
Saat ini, lanjut Wakapolda Dewa Parsana, situasi Buol kondusif, khususnya pasca pelaksanaan otopsi jenazah almarhum Kasmir Timumun, tahanan yang tewas di Mapolsek Biau.
“Untuk mendukung situasi itu, ratusan personel Brimob Polda Sulteng hingga kini masih bertugas melakukan pengamanan di Buol,” tutur dia.
Ratusan personel Brimob Kelapa II Mabes Polri itu ditarik dari Kota Buol pada Jumat sore setelah bertugas selama kurang lebih dua bulan.
Mereka tiba di Kota Palu pada Sabtu malam setelah menempuh perjalanan darat selama 17 jam dan langsung menuju Bandara Mutiara Palu menunggu kedatangan pesawat Lion Air tujuan Makassar-Jakarta yang mendarat pada Minggu dini hari sekitar pukul 01.20 Wita.(bp107)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here