RATUSAN POLISI AMANKAN FESTIVAL TOGEAN

0
184

Palu, (28/10) – Kepolisian Resor Tojo Unauna, Sulawesi Tengah (Sulteng), menerjunkan ratusan personelnya dalam rangka pengamanan pelaksanaan Festival Togean di Kepulauan Togean yang akan digelar pada 30 Oktober-1 November 2010.
“Pengamanan Festival Togean itu terbagi dua tempat dengan jumlah personel sebanyak 124 orang,” kata Kapolres Tojo Unauna (Touna), AKBP Zainal Abidin.

Ia mengatakan, kedua tempat  tersebut yakni di Kepulauan Wakai sebagai pusat kegiatan Festival Togean sebanyak 54 orang dan selebihnya 70 orang ditugaskan di lokasi peresmian gedung DPRD dan kantor bupati setempat.

Zainal juga  menjelaskan aparat yang ditugaskan melakukan pengamanan di lokasi Kepulauan Wakai direncanakan akan diberangkatkan pada hari ini sekitar pukul 09.00 Wita dengan menggunakan kapal feri di Pelabuhan Uebone.”Sementara yang bertugas di dua kantor yang akan diresmikan itu yakni DPRD dan kantor Bupati  sudah siap siaga di Mapolres yang kebetulan sangat berdekatan,” ungkapnya.

Selain menyiagakan ratusan personelnya, Kapolres Zainal Abidin juga mengaku telah mempersiapkan dua unit perahu motor (speed boat) dari Polres Touna dan Direktorat Polisi Perairan Polda Sulteng.Pengerahan dua unit kendaraan itu dalam rangka menggiatkan patroli dengan tujuan untuk mengantisipasi segala kemungkinan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kami berharap kegiatan akbar itu bisa berjalan baik, aman, dan lancar tanpa adanya gangguan keamanan,”Kata Zainal.

Festival Togean merupakan ajang tahunan yang digelar Pemerintah Kabupaten Touna. Festival yang menampilkan kegiatan seni budaya, olahraga tradisional, dan atraksi lainnya. Sedangkan peserta pameran ini berasal dari seluruh kabupaten/kota di Sulteng, selain perwakilan asal provinsi tetangga.

Festival Togean itu sendiri rencananya akan dibuka dan dihadiri Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik dan Gubernur Sulteng HB Paliudju. Kepulauan Togean memiliki potensi keindahan bawah laut yang luar biasa dan memiliki 262 spesies karang dengan luas terumbu karang mencapai kurang lebih 9.767,59 hektare, sementara di sekitarnya hidup sedikitnya 800 spesies ikan karang, termasuk ikan napoleon, kerapu tikus, kerapu macan dan pari manta.(beritapalu.com/bp017)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here