WAKAPOLRES BUOL DAN KAPOLSEK BIAU DIVONIS 21 HARI

0
195

Palu, 13/10 – Wakapolres Buol Kompol Ali Hadi Nur dan Kapolsek Biau Iptu Zakir Butudoka dijatuhi hukuman kurungan selama 21 hari oleh pimpinan sidang disiplin karena terbukti melawan perintah atasan serta lalai dalam melaksanakan tugas sehingga menyebabkan tewasnya tahanan Kasmir Timumun.

Dalam sidang yang dilaksanakan terpisah itu, Pimpinan sidang menyatakan Ali Hadi Nur terbukti melawan perintah Kapolres Buol AKBP Amin Litarso sehingga Mapolsek Biau diserbu dan dirusak massa.

Sementara terperiksa Zakir Butudoka terbukti lalai dengan tidak melakukan koordinasi dengan Satuan Lalu Lintas Polres Buol saat menitipkan tahanan kecelakaan lalu lintas di Polsek Buol.

Bahkan, dia tidak melakukan pengecekan dan pengawasan terhadap bawahannya sehingga menyebabkan Kasmir Timumun tewas di dalam sel.

Pemimpin sidang juga mengganjar Ali Hadi Nur dan  Zakir Butudoka dengan hukuman penundaan kenaikan pangkat selama satu periode, memberikan teguran tertulis, dibebaskan dari jabatannya dan dimutasi secara demosi.

Usai mendengarkan pembacaan putusan, Zakir menyatakan keberatan atas hukuman tersebut, sedangkan Ali Hadi Nur menyatakan piker-pikir.

(Beritapalu/BP004)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here