TOJO UNAUNA GENJOT PARIWISATA DENGAN MEMBANGUN BANDARA

0
202

Palu: Kabupaten Tojo Unauna memiliki potensi wisata tak kalah menariknya dengan daerah lain di nusantara dalam rangka mendorong hal itu Bupati Kabupaten Tojo Unauna Damsjik Ladjalani, membangun bandara udara  untuk membangun ekonomi kepariwisataan yang selama ini cukup dikenal di mancaranegara.

 

“Saat ini telah dimulai pembangunan bandara yang kelak dapat didarati pesawat jenis ATR  yang harapannya bisa mempersingkat jalur kunjungan wisatawan mancanegera yang jika melalui Palu memakan waktu Sembilan jam sehingga cukup melelahkan ppengunjung,”ujarnya.

 

Ia menyebutkan pembangunan dimulai dengan menyediakan tanah seluas 3,500 meter persegi dengan runway tahap pertama sepanjang 1,800 meter dan harapannya pada akhir 2011 atau awal 2012 sudah bisa didarati pesawat jenis ATR.

Sekaitan dengan pendanaannya, Damsjik mengatakan bahwa pendanaan pembangunan bandara tersebut sharing antara anggaran daerah dengan anggaran APBN dengan tahap awal telah dikucurkan sebesar Rp.3 miliar untuk land clearing dan tahap kedua Rp.10 miliar dan tahap ketiga Rp.40 miliar.

“Kami berharap  jika beroperasi bisa menjadi salah satu pemasok pendapatan bagi daerah salah satunya dari sektor pariwisata juga menjadi unggulan selain  sektor pertambangan yang juga banyak diminati oleh investor,”ungkap Bupati Tojo Unauna.

Ia juga menyampaikan pihaknya tak henti-hentinya membangun infrastruktur dalam mendorong pembangunan wisata yang kini dikenal dunia dan beberapa waktu lalu gubernur Sulteng HB Paliudju juga menyebutkan   sudah 52 travel yang mau bergabung untuk melakukan kunjungan ke Pulau Togean yang menyimpan pesona keindahan laut dan terumbu karang.(bp03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here