SIDANG PEMALSUAN IJAZAH AZIZ BESTARI HADIRKAN SAKSI

PALU (21/8) – Sidang Dugaan Pemalsuan Ijazah yang menjerat Ketua DPRD Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Azis Bestari masih terus bergulir.

Pengadilan Negeri (PN) Palu kembali menggelar Sidang yang dipimpin oleh Amin Sembiring SH didampingi Alfian SH dan Made Pasek SH.

Agenda sidang adalah pemeriksaan saksi Samsudin Sahong, yang diketahui sebagai teman sekolah terdakwa di STM Makassar dan Aswan, dimana keduanya akan dikonfirmasikan seputar status dan kebenaran terdakwa terdaftar di sekolah tersebut.

Namun, ternyata keterangan yang dipaparkan oleh saksi di Ruang Sidang berbeda dengan keterangan yang disebutkannya dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) di hadapan penyidik Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah.

Saksi menyatakan jika terdakwa lulus SMA Negeri 2 Makassar dan selanjutnya diterima untuk melanjutkan sekolah di STM Makassar, dimana keterangan itu berbeda saat menjalani pemeriksaan di Polda Sulteng.

Namun, saat ditanyakan mengenai kepastian kebenaran keterangan yang dijadikan rujukan, saksi pun tidak secara tegas untuk mencabut sejumlah keterangan yang disebutkannya dalam BAP di Polisi.

Menanggapi hal itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) perkara ini Agustiawan Umar SH yang ditemui beritapalu.com usai sidang mengatakan, jika pihaknya akan mengkonfirmasikan keterangan saksi Samsudin dan Aswan dengan saksi lainnya.

“Kami akan konfrontir keterangan dengan saksi lainnya pada sidang Kamis tanggal 26 Agustus mendatang untuk memperoleh kebenaran keterangan saksi,” tegas Kepala Seksi Intelejen Kejaksaan Negeri (Kejari) Palu ini.

Dalam perkara ini, terdakwa yang sempat menjadi Calon Bupati Tolitoli ini dijerat dengan pasal 266 ayat 1 tentang Pemalsuan Dokumen.(BP020/BP005)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here