CEGAH PERAMPOKAN JELANG LEBARAN, KAPOLDA PERINTAHKAN TINGKATKAN PATROLI

0
172

PALU, (21/8) – Maraknya aksi perampokan di Indonesia menjelang hari raya Idul Fitri, membuat jajaran kepolisian di Sulawesi Tengah ikut waspada. Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Pol Muhammad Amin Saleh bahkan memerintahkan jajarannya untuk meningkatkan patroli dalam rangka mengantisipasi kasus perampokan bersenjata api seperti yang terjadi di Bank CIMB Niaga, Medan, Rabu (18/8).

“Saya perintahkan di semua jajaran untuk meningkatkan patroli di seluruh lokasi yang rawan dengan aksi kriminalitas,” kata Amin Saleh Sabtu (21/8).

 

Terkait dengan maraknya aksi kejahatan bersenjata api, Kapolda Amin Saleh telah melakukan upaya-upaya pencegahan demi terciptanya rasa aman dan nyaman di tengah-tengah masyarakat.

 

Dia mengatakan, upaya preventif adalah salah satu langkah yang tengah digalakkan polisi di wilayahnya yakni dengan menambah sebaran anggota patroli dan penjagaan di tiap polres dan polsek.

 

Selain itu, kata Amin Saleh, kegiatan operasi lalu lintas di sejumlah titik yang rawan juga dilakukan untuk memburu dan bahkan mempersempit ruang gerak para pelaku kriminal, khususnya perampok serta pelaku pencurian dengan pemberatan lainnya.

 

“Kegiatan-kegiatan preventif seperti itu yang sedang dilaksanakan,” ujar orang pertama di Polda Sulteng itu.

 

Amin Saleh menambahkan, sementara kegiatan lainnya yang saat ini akan dilaksanakan adalah mengintensifkan koordinasi dengan pihak perbankan di seluruh wilayah kerjanya.

 

“Soal jumlah personil yang akan disiagakan di tiap-tiap bank, itu akan disesuaikan,” kata dia.

 

Saat ini, kata Amin Saleh, di tiap sentra perekonomian terutama bank, dijaga oleh aparat kepolisian bersenjata lengkap ditambah personel satuan pengamanan internal.

 

“Kita berharap masyarakat juga ikut menjaga keamanan di lingkungan masing-masing, sehingga wilayah Sulteng aman dari kasus perampokan seperti yang terjadi di Medan,” tutur Kapolda Amin Saleh.

 

Langkah pengamanan ketat di tiap bank oleh jajaran Polda Sulteng itu dilakukan dalam rangka menindaklanjuti instruksi Mabes Polri terkait dengan kejadian perampokan bersenjata api di Bank CIMB Niaga, Medan, Sumatera Utara yang menewaskan seorang anggota Polri.

 

Dalam instruksi Mabes Polri itu menyebutkan, tiap-tiap Polda diminta berkoordinasi dalam sistem pengamanan di Bank.

 

Tak hanya itu, anggota Polri juga harus bekerja sama dengan sistem pengamanan internal dari tiap-tiap bank.(beritapalu.com/BP026/BP002)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here