POLISI TANGKAP MOBIL DAN PULUHAN MOTOR

PALU, ( 18/8) – Aparat dari Satuan Polisi lalu Lintas Polres Palu – Sulawesi Tengah, menangkap dua mobil yang terlibat balapan liar.

Kasat Lantas Polres Palu, AKP Eddwi Kurniyanto SH SIk kepada  wartawan di Palu, mengatakan, kedua mobil yang ditangkap pada Minggu pagi usai salat  subuh, lantaran terlibat balapan liar antara mobil Honda  Jazz warna biru nomor Polisi DD 144 MR dengan Honda Jazz warna putih ber-DN 669 AM.

Eddwi mengatakan, saat itu kedua mobil tertangkap Polantas yang sedang melakukan patroli di lokasi eks STQ, Jabal Nur, Jln Soekarno Hatta, Kecamatan Palu Timur. “Saat itu mereka sedang berbalapan dari arah Selatan ke Utara dan akhirnya berhasil dicegat oleh anggota yang berpatroli di jalan itu,” katanya. Selain menyita dua mobil, petugas juga menangkap dua pengendara yakni Dodi, warga Jln Banteng, Kecamatan Palu Selatan dan Farayat (23).

Keduanya tak bisa mengelak selain mengakui perbuatannya ketika diinterogasi oleh polisi di Mapolres Palu.  Kepada dua pengendara itu melanggar pasal 297 jo 115 b Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dengan ancaman hukuman  penjara maksimal satu tahun serta denda paling banyak Rp3 juta.

Eddwi menambahkan, pasal 297 yang berbunyi “mengemudikan kendaraan bermotor berbalapan di jalan” itu termasuk kategori pelanggaran berat. “Karena pelanggarannya berat, maka kedua mobil itu kita sita untuk diproses  hukum lebih lanjut,” tegasnya.

Hingga kini, kedua mobil Honda Jazz itu masih diamankan di halaman markas Satuan lalu lintas Polres Palu sebagai barang bukti. Selain menyita dua mobil balapan liar, Polantas Polres Palu juga berhasil menjaring 22 motor karena melanggar aturan lalu lintas. Puluhan motor yang ditangkap itu berasal dari tiga titik berbeda yakni di  Jalan Muhammad Yamin, eks STQ Jabal Nur, dan Taman Ria.

Ia menegaskan, operasi semacam itu masih akan berlanjut hingga lebaran nanti, demi terciptanya kenyamanan berlalu lintas di jalan.    Saat ini, puluhan motor itu telah banyak dipulangkan kembali setelah pemiliknya memperlihatkan identitas kendaraan ke petugas (BP005).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here