Tiga incumbent menagi tiga pilkada di Sulteng

0
91

PALU – Tiga incumbent menangi pemilukada di tiga daerah di Provinsi Sulawesi Tengah.

Ketiga incumbent itu adalah Bupati Poso Piet Inkiriwang, Bupati Tojo Una-Una Damsik Ladjalani, dan Walikota Palu Rusdy Mastura yang hampir dipastikan menang dalam pemilukada yang digelar 4 Agustus kemarin.

Piet Inkiriwang dan Syamsuri memenangi pemilukada pada awal Juni kemarin dengan perolehan 45.119 atau 38,79 persen daeri 116.402 suara sah yang masuk. Ketiga saingannya memperoleh suara kurang dari 30 persen.

Sementara Damsik Ladjalani dan Jamal Djuaraejo memperoleh sebanyak 24.370 suara atau sekitar 32 persen.

Pasangan yang didukung Partai Golkar itu unggul tipis dari saingan terdekatnya, Muhammad Lahay dan Syaiful Bahri yang mengantongi 22.925 suara atau sekitar 30 persen.

Sementara, yang masih hangat-hangatnya, pasangan Rusdy Mastura dan Mulhanan Tombolotutu dipastikan menang dengan perolehan 41.930 suara atau 32 persen.

Banyak kalangan memprediksi bahwa incumbent akan susah dilawan oleh saingannya jika tidak memiliki strategi jitu. “Incumbent masih memiliki penganut fanatik, yakni para PNS beserta keluarganya sehingga susah dikalahkan,” kata pakar komunikasi politik Universitas Indonesia Effendi Ghazali dalam sebuah kesempatan. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here