Polling beritapalu.com mendekati real count

0
124

PALU –  Polling yang dilakukan oleh Portal Beritapalu.com, ternyata hampir sama dengan real count yang dilakukan oleh beberapa lembaga yang bekerja di Pemilukada Kota Palu. Polling tersebut,  memenangkan pasangan incumbent Rusdi Mastura dan Mulhanan Tombolotutu.

Dalam poling yang dimulai hari Rabu 16 Juni 2010 itu dan ditutup pada tanggal 4 Agustus 2010 ini, dipublish di Portal Berita Palu. Dalam polling tersebut, Rusdi Mastura memperoleh suara terbanyak yakni 30,02 persen atau sebanyak 73 responden. Sementara perolehan suara kedua adalah Hidayat – Mukhlis dengan perolehan 24 persen atau sebanyak 58 responden.

Menurut Pemimpin Redaksi Beritapalu.com Abdy Mari, polling itu memang bukan sebuah patokan siapa pemenang dalam pilkada Kota Palu. Namun, menurut Abdy, polling ini memiliki sampling error hingga nol persen karena responden hanya bisa memilih satu kali dalam satu hari.

“Satu pengunjung memang hanya bisa memilih satu kali dalam sehari. Karena IP address pengunjung sudah diprogram agar tidak bisa memilih dua kali dalam sehari. Tapi ini belum bisa dijadikan patokan,’’ kata Abdy Mari rabu malam.

Sementara itu, hasil Real Count yang dilakukan untuk pasangan kandidat Rusdy Mastura – Mulhanan Tombolotutu menyebutkan bahwa pasangan ini berhasil mengumpulkan suara sebanyak 31,84 persen setelah semua data penghitungan dari 542 TPS masuk ke system data mereka.

Demikian yang disampaikan Zein Ibrahim coordinator IDEC (Indonesia development engineering consultan) di Hotel Nisfa di Jalan Juanda, Palu.

Secara rinci mereka menyebutkan untuk pasangan Hidayat-Muchlis mengumpulkan suara sebanyak 19,09 persen, Pasangan Rusdy Mastura-Mulhanan Tombolotutu 31,84 persen, Helmy D Yambas – Hadiyanto Rasyid 12,72 persen, Kamil Badrun – Yos Sudarso 4,62 persen, Habsa Yanti Ponulele – Arman Djanggola 28,17 persen serta pasangan Rusman Lamakasusa – Irianto Agan 3,56 persen.

Menurut Zen Ibrahim, koordinator IDEC, untuk kemungkinan untuk terjadinya kesalahan dalam real count sangat kecil, bahkan nol persen. Karena setiap TPS, ada yang orang yang ditugasi mencatat hasil. Sedangkan untuk quick count menggunakan system sample.
Hal tersebut diungkapkan Zen Ibrahim dalam Nuansa Dialog di Nuansa TV, Rabu malam (4/8).
‘’Real count margin errornya nol persen karena memang real. Untuk Pilkada Palu, IDEC melatih 600 mahasiswa, sedangkan jumlah TPS sebanyak 542 TPS,’’ kata Zen,’’ ujar Zen yakin. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here