“Golput” di Pilkada Toli-toli diprediksi tinggi

0
190

PALU – Meski pemungutan suara Pilkada Kabupaten Tolitoli berjalan lancar namun beberapa pihak memprediksi angka “golput” dalam pesta demokrasi itu akan tinggi mengingat adanya pendukung Aziz Bestari yang masih kecewa.

Pantauan beritapalu di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Tolitoli pada sabtu pagi hingga berakhirnya proses pemungutan suara pada pukul 13.00 wita, tidak terlihat antrean panjang masyarakat.

Aktivitas warga juga terlihat normal, beberapa jalan utama di Kota Tolitoli juga tetap ramai seperti hari-hari sebelumnya.
Beberapa warga yang tidak menggunakan hak suaranya saat ditemui beritapalu memberikan komentar beragam.

Warni (36) warga Tanjung Batu mengaku tidak menggunakan hak suaranya karena kandidat yang hendak dipilihnya tidak disertakan dalam pilkada.  “Untuk apa memilih kalau tidak ada yang saya suka,” ujar ibu rumah tangga ini polos.

Sementara, Sudding, tukang becak yang setiap harinya mangkal di Pasar Sentral Tolitoli, mengaku tidak memilih karena harus mencari nafkah. “Saya harus cari makan untuk anak istri, kalaupun ada yang menang nanti tidak ada pengaruhnya juga bagi keluarga saya,” katanya.

Mantan calon bupati Aziz Bestari juga mengaku tidak menyalurkan hak suaranya dalam pilkada kali ini dengan alasan tidak mendukung salah satu kandidat.

“Sebenarnya saya mau mecoblos diri saya, tapi karena digugurkan, saya terpaksa golput,” katanya.
Daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Tolitoli sebanyak 146.220 untuk memilih tiga kontestan, yakni Ismail Bantilan-Djuwaeni Maddu, Iskandar Nasir-Andi Supratman, dan Saleh Bantilan-Amran Yahya.

Sementara, pasangan Azis Bestari-Amiruddin H Nua gugur karena Amiruddin H Nua meninggal dunia satu minggu sebelum pelaksanaan pilkada yang rencananya digelar 2 Juni lalu.

Dalam pelaksanaan Pilkada Tolitoli, Polres setempat yang mengerahkan seluruh kekuatannya ditambah 1.000 personel tambahan dari Polda Sulteng dan Mabes Polri, menjaga ketat seluruh TPS yang berjumlah 420 buah di setiap desa dan kelurahan.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here