KPU bakal revisi biaya pengadaan surat suara

0
179

SIGI – Dalam waktu dekat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Donggala, bakal melakukan revisi kembali biaya untuk pencetakan dan pengadaan surat suara Pilkada Sigi 16 September 2010.

“Revisi anggaran tersebut berlaku secara otomastis antara KPU dengan perusahaan pemenang, sebab sebelumnya memang sudah ada kesepakatan,” Kata Divisi Logistik KPU Donggala, Sofandi Sohar, Via telpon pribadinya kemarin.

Menurut Sofandi, revisi anggaran surat suara tersebut dilakukan karena ukuran surat suara yang akan digunakan 16 September nanti berukuran lebih kecil dari yang direncanakan.

Berubahnya ukuran surat suara tersebut disebabkan berkurangnya jumlah pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang lolos saat penetapan, yakni dari delapan pasangan calon menjadi enam pasangan calon.

“Sekarangkan tinggal enam calon yang ikut pilkada dari delapan calon yang mendaftar saat pendaftaran, jadi wajar kalau harus ada revisi,”katanya.

Ia menambahkan, jika berdasarkan ukuran surat suara untuk delapan pasangan calon, KPU Donggala dan panitia tender surat suara menetapkan pagu anggaran sebesar Rp2.500 per lembar. Dengan asumsi jumlah pemilih sebanyak 147.756 orang, ditambah surat suara cadangan sebanyak 3.693 lembar atau 2,5 persen dari total jumlah pemilih berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT), maka KPU Donggala mengalokasikan dana sebesar Rp378 juta lebih untuk 151.400 lembar surat suara.

“Perubahan harga satuan surat suara inilah yang sedang kami analisa dan sesuaikan dengan ukuran kertas yang digunakan berdasarkan jumlah pasangan calon yang ditetapkan. pasti anggarannya akan direvisi paling lambat senin mendatang, namun soal harga belum ada keputusan yang kami tetapkan,” urainya.

Informasi yang dihimpun media ini dilapangan menyebutkan, PT Surya Agung Makassar selaku pemenang tender pengadaan surat suara, dalam proses tender mengajukan penawaran harga sebesar Rp1.800 per lembar.

Jika dengan asumsi jumlah kebutuhan surat suara sebanyak 151.400 lembar, maka total anggaran yang terpakai hanya Rp272 juta lebih.  Biaya ini menghemat sedikitnya Rp105 juta dari total anggaran yang dialokasikan sebelumnya oleh KPU Donggala untuk pilkada Sigi.

Namun, jika KPU Donggala jadi merevisi anggaran pengadaan surat suara, otomatis harga satuan surat suara tersebut harus lebih rendah dari harga satuan yang diajukan PT Surya Agung sebelumnya.

“Harapan saya, dalam revisi nanti harga satuan surat suara dapat direvisi menjadi Rp1.700 atau Rp1.600 per lembar.” kata Sofandi.

Mengenai teknis dan jadwal pencetakan surat suara, ia menyatakan pihaknya masih harus menunggu hasil rapat pleno penetapan DPT Pemilukada Sigi yang akan digelar Sabtu hari ini. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here