Published On: Mon, Jul 19th, 2010

Panwas Sigi temukan data pemilih bermasalah

Share This
Tags

SIGI – Penyelenggaraan Pemilukada di Kabupaten Sigi, masih menyisakan masalah. Panwas daerah setempat, menemukan data pemilih yang amburadul.

Kejanggalan tersebut di antaranya terkait usia pemilih yang belum memenuhi syarat menjadi pemilih.Hal ini diungkapkan, Muhammad Darwin dari Divisi Pengawasan Paswaslukada Sigi, mengungkapkan, pihaknya baru meneliti data DPT di 15 kecamatan.

Di antaranya kecamatan Pipikoro, Kulawi, Kulawi Selatan, Lindu, dan Marawola. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan ada pemilih yang masuk dalam DPT belum berusia 17 tahun.

Darwin mendesak agar KPU Donggala selaku penyelenggara Pemilukada Sigi, menunda penetapan DPT.  ‘’Penundaan itu dengan harapan KPU dan PPK serta PPS segera memperbaiki data DPT sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Darwin.

Permintaan Darwin ini disahuti oleh KPU Donggala dengan menunda penetapan DPT. Penundaan tersebut dilakukan hingga Sabtu (24/7), mendatang. Menurut Divisi Teknis KPU Donggala, Mahfud Masuara, penundaan penetapan DPT yang dilakukan untuk memberi kesempatan kepada PPS dan PPK  memperbaiki data DPT yang bermasalah.

Mahfud mengatakan, untuk menunjang kerja PPS dan PPK memperbaiki DPT, anggota KPU Donggala akan melakukan asistensi teknis di wilayah tugas masing-masing. Langkah tersebut dimaksudkan agar proses perbaikan DPT bisa berlangsung lancar dan akurat.

Semua PPK diharapkan bisa memasukkan kembali dokumen DPT hasil pernaikan selambat-lambatnya tanggal 23 Juli 2010.
Berdasarkan data yang diperoleh dari KPU Donggala, jumlah pemilih pada DPT Pemilukada Sigi mencapai 147.756 orang. Terdiri dari 75.642 pemilih laki-laki dan 72.114 perempuan.

Sedangkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan digunakan mencapai 494 buah. Dari 15 kecamatan di Kabupaten Sigi kecamatan Biromaru menempati jumlah pemilih terbesar 28.861 orang, disusul Kecamatan Palolo, 19.766 orang, Kecamatan Dolo 14.056 pemilih. Sementara jumlah pemilih paling sedikit terdapat di Kecamatan Lindu sebanyak 3.080 orang. (***)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: