Cegah konflik,Panwas “warning” kandidat tak beretika politik

PALU – Ancaman timbulnya konflik dalam Pilkada Kota Palu untuk memilih walikota dan wakil walikota Palu, semakin terasa. Aksi pengurasakan alat peraga kandidat terjadi di mana-mana. Bahkan penggantian alat peraga kandidat tertentu dengan kandidat lain juga terjadi. Ada pula tim sukses yang sengaja memasang alat peraga di posko pemenangan kandidat lain.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Panitia Pengawas Pilkada Kota Palu Ratna Dewi Pettalolo memberikan kepada semua kandidat maupun tim sukses bekerja dengan memiliki etika berpolitik, demi mencegah timbulnya konflik.

‘’Saya minta agar kandidat saling menghargai dan menganjurkan persaudaraan. Semua itu demi terciptanya kenyamanan dan keamanan dalam pelaksanaan Pilkada Palu,’’ kata Ratna Dewi, Jumat kemarin.

Permintaan Ratna ini cukup beralasan. Sebab dalam beberapa hari terakhir ini, Panwaslu Palu cukup banyak menerima laporan dari beberapa kandidat yang merasa dirugikan oleh kandidat tertentu. Bila ini tidak disikapi dengan arif, bukan tidak mungkin menjadi potensi timbulnya konflik.

Pengaduan-pengaduan yang dimaksudkan Ratna antara lain, ada tim sukses kandidat yang  sengaja memasang alat peraga kampanye di tempeli dengan alat peraga kandidat lain. Terus ada juga tim sukses yang memasang alat peraga di posko pemenangan kandidat lain. Termasuk melakukan kampanye terselubung di rumah ibadah. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Menyesap sejuknya udara, menyicipi lezatnya beko

Sat Jul 17 , 2010
Oleh : Jafar G Bua   Taman Nasional Lore Lindu memang menawan. Tak Cuma menawarkan keindahan alamnya, tapi juga membawa kita mengembara ke zaman batu dan juga nikmatnya kuliner tradisional. Ini pilihan tujuan berakhir pekan yang menarik. KABUT masih menggantung di atas Danau Tambing. Jalan setapak yang membelah salah satu […]

Recent Post