Published On: Tue, Jul 6th, 2010

Pameran dan lomba foto di FTP 2010

Share This
Tags

PALU  – Festival Teluk Palu (FTP) yang akan dilaksanakan pada 15 – 18 Juli 2010 mendatang, dipastikan akan menggelar pameran dan lomba foto.

Kepastian itu disampaikan Kadis Pariwisata Kota Palu Drs Sudaryano Lamangkona, MSi usai memimpin rapat koordinasi panitia FTP di Aula Diklat Untad Bumi Bahari, Selasa (6/7).

“Pameran foto ini dilaksanakan di Mal Tatura dan akan dimulai tanggal15 sampai 18 Juli. Foto-foto yang ditampilkan  nantinya adalah foto yang bernuansa Teluk Palu termasuk jembatannya sebagai  ikon,” ujar Sudaryano.

Lomba foto lanjutnya mencakup semua objek kegiatan yang dilaksanakan pada festival, mulai dari pembukaan, lomba perahu, dokar dan sebagainya. “Objeknya tidak terbatas yang penting foto tersebut diambil selama pelaksanaan kegiatan tersebut,” ungkapnya.

Dikatakan, lomba dan pameran foto itu untuk membangkitkan kratifitas fotografer khususnya yang ada di Palu untuk mengabadikan keindahan Teluk Palu. “Foto ini bisa menjadi jembatan bagi orang luar untukmengenali Teluk Palu lebih dekat.”sebutnya.

Untuk pelaksanaannya, pihaknya mengaku bekerjasama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Palu. “PFI punya jaringan yang cukup luas. Karena itu kita berharap melalui kerjasama ini, FTP dapat dikenal lebih luas, bukan hanya di regional Sulawesi tapi kalau perlu hingga ke manca Negara,” jelasnya.

Selama kegiatan tersebut katanya, juga digelar lomba foto yang objeknya adalah semua sisi dari FTP dan panitia menyediakan sejumlah hadiah.

“Hadiahnya tidak besar-besar amat, tapi yang kita harapkan adalah bagaimana membantu daerah untuk pengembangan pariwisata, terutama Teluk Palu,” lanjutnya.

Di bagian lain, Ketua Pewarta Foto Indonesia (FPI) Palu , Basri Marzuki menyebutkan siap bekerjasama positifnya.

“Teluk Palu sangat pantas diabadikan, tidak hanya indah tapi juga karena keberagaman lingkungan yang melingkupinya,” ujar Basri.

Basri bahkan menantang, kalau daerah lainnya bisa mengelar festival sejenis dan menjadi dikenal di luar, mengapa FTP tidak.

“Jauh di Timur sana, di Papua ada Festival Danau Sentani, hebohnya bukan kepalang, padahal cukup jauh. Nah Palu punya Teluk Palu yang keindahannya tak kalah, mengapa kita tidak bisa menjadi sebuah daya tarik,” tantangnya.

Karenanya menurutnya, melalui jaringan yang dimiliki PFI baik di dalam negeri maupun di luar negeri, akan membantu sepenuhnya penyebarluasan kegiatan ini agar juga dikenal dan dengan demikian dapat menjadi agenda kunjungan bagi para orang luar.

“Kami sedang berusaha mengontak dan meyakinkan teman-teman fotografer dari luar agar bisa hadir pada  FTP ini supaya gemanya juga didengar di luar, tentu saja melalui foto-foto ” pungkasnya. (***)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>