Published On: Sun, Jul 4th, 2010

Palu ketambahan mesin diesel 10 MW

Share This
Tags

PALU – Sebanyak 16 kontainer berisi mesin diesel berkapasitas 10 MW lengkap dengan peralatannya, telah tiba di Palu Jumat (2/7).

Mesin dari Aggreko tersebut didatangkan langsung oleh PT PLN Wilayah Suluttenggo. Mesin tersebut diletakkan di Gardu Induk (GI) Talise. Pembongkaran telah dimulai dan dipindahkan ke GI Talise.

Teknisi pun didatangkan langsung dari Filiphina untuk menyingkronkan mesin sewa milik Aggreko dengan sistem PLN Palu. “Karena mesin ini ditangani oleh PLN Wilayah Suluttenggo, jadi secara spesifik mesin saya kurang mengetahuinya. Lain dengan Sewatama yang berada dibawah naungan Caterpillar. Mesin yang baru datang ini sepenuhnya ditangani oleh PLN Wilayah Suluttengo,” tutur Manajer PT PLN Palu, I Nyoman Sujana belum lama ini.

Yang terpenting, lanjut Nyoman adalah pemadaman tidak akan ada lagi dengan beroperasinya mesin 10 MW tersebut. Pengerjaan sipil pun sudah mulai dikerjakan sejak dua minggu lalu.

Dikatakan Nyoman, dibutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk menyingkronkan mesin dengan sistem Palu. “Ini lebih cepat dari pada mesin dari Sewatama, karena tidak perlu pembongkaran, modelnya ya kontainer. Mudah-mudahan semua lancar sehingga bulan ini sudah bisa beroperasi,” singkat Nyoman.

Nyoman mengharapkan, pengoperasian mesin bisa secepatnya dilakukan meski diakuinya ada sedikit kendala bahasa dengan teknisi yang berasal dari Filiphina tersebut.

Kedatangan mesin tersebut untuk mengantisipasi pemadaman jika ada mesin PLTD Silae yang sedang overhoul ataupun turun beban dari PLTU Mpanau.

Dengan dibukanya kembali penyambungan baru oleh PT PLN, maka kedatangan mesin tambahan sebesar 10 MW tersebut untuk mendukung ketersediaan daya PT PLN Palu. Saat ini, PLN Palu melayani tiga daerah yaitu Palu, Donggala dan Parigi Moutong dengan beban puncak sebesar 54 MW. (***)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>