PLN jamin tidak ada lagi pemadaman di Palu

PALU – PLN Cabang Palu menyatakan, akhir Juni ini Kota Palu dan sekitarnya tidak akan mengalami pemadaman bergilir lagi. Hal ini disebabkan beroperasinya mesih diesel baru berkekuatan 10 megawatt yang disewa oleh pihak PLN.

Kepala PT PLN Cabang Palu, I Inyoman Sujana mengatakan, sejak tanggal 3 juni 2010, kondisi kelistrikan di Kota Palu sudah mulai stabil. Hal ini juga sesuai dengan keinginan PLN yang akan meminimalisir pemadaman listrik di seluruh Indonesia.

Di Kota Palu sendiri, sejak tiga bulan kemarin, mengalami pemadaman listrik. Bahkan, di akhir bulan Mei 2010, krisis listrik semakin tak terkendali menyusul semakin menyusutnya daya dari mesin diesel milik PLN serta krisis batu bara di PLTU Mpanau Palu.

”Sesuai dengan rencana PLN untuk membuat bulan juni ini sudha tidak ada lagi pemadaman, di palu sejak tanggal 3 Juni, tidak ada lagi pemadaman. Artinya daya sidah cukup, jika masih ada pemadaman itu hanya dikarenakan adanya gangguan sesaat biasanya karena pohon atau yang lainnya,’’ jelas Sujana kepada beritapalu.com di kantornya Rabu kemarin.

Selain di Palu, di beberapa kabupaten yang menjadi wilayah kerja PT PLN Cabang Palu, seperti di Poso dan  Morowali juga sudah tidak merasakan pemadaman. Di Poso sendiri sejak 2 Juni 2010, sudah tidak terjadi pemadaman, sementara di Kolonodale Kabupaten Morowali, sejak tanggal 28 Juni juga sudah terang.

Menurut Sujana, kedatangan mesin berkapasitas 10 mega watt (mw) mencerminkan keseriusan PLN menangani pemadaman listrik bergilir yang telah berlangsung beberapa hari belakangan ini. Sebelumnya, PLN Palu hanya memiliki kapasitas daya sebesar 11 megawatt. Sementara kondisi kelistrikan di Kota Palu membutuhkan sedikitnya 32 mw. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here