Senin MK periksa KPUD Tojo Una una

0
188

PALU – Sidang Gugatan terhadap penetapan bupati kepala daerah/wakil bupati terpilih Kabupaten Tojo Una-Una, besok Senin (28/6), kembali akan dilakukan oleh Mahkamah Konstitusi (MK). sidang gugatan dengan pemohon Mohammad Lahay dan Syaiful Bahri Tandjumbulu diwakili Kuasa Pemohon Tajwin Ibrahim,S.H terhadap KPU Kabupaten Tojo Una-Una sebagai tergugat, akan dilakukan mulai 15:30 s/d Selesai.

Dalam sidang kedua dengan agenda pemeriksaan perbaikan perkara itu, menghadirkan KPUD Tojo Una-Una sebagai termohon untuk melakukan pembuktian. Dalam situs resmi MK hari ini menyatakan, gugatan atas penetapan bupati/wakil bupati Tojo Una-Una itu sudah memasuki persidangan yang kedua setelah sebelumnya Sidang perdana dilakukan Rabu (23/6) digelar dengan agenda pemeriksaan perkara (I).

Permohonan keberatan atas hasil pemilukada Tojo Una-Una yang diumumkan oleh KPUD Tojo Una-Una itu dilakukan pihak termohon setelah pihak KPUD setempat menetapkan pasangan Damsik Ladjalani – Jamal Djuraedjo sebagai pemenanh dalam pemilukada Touna 2010.

Pihak termohon menyatakan KPUD Tojo Una-Una harus melakukan pemilihan ulang setelah pihak termohon yang berada di urutan kedua dalam pemilukada tersebut menemukan sejumlah kecurangan di sejumlah kecamatan.

Kecurangan itu diduga dilakukan untuk memenangkan pasangan Damsik – Jamal yang unggul dengan perolehan suara  24.370 suara. Sementara Muhammad Lahay – Syaiful Bahri Tanjumbulu di posisi kedua dengan suara 22.925 suara. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here