Jelang kenaikan TDL, harga sembako melonjak drastis

0
160

PALU –  Empat hari menjelang kenaikan tarif dasar listrik, harga kebutuhan pokok di sejumlah daerah melonjak. Di Kota Palu Sulawesi Tengah kenaikan harga sejumlah barang bahkan melebihi seratus persen. Namun kenaikan ini tidak mempengaruhi daya beli masyarakat.

Dalam sepekan terakhir ini, harga sejumlah kebutuhan pokok di Kota Palu melonjak drastis. Dari pantauan di sejumlah pasar tradisional,barang kebutuhan yang melonjak ini khususnya rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, lombok dan merica dan kemiri. Kenaikannya bahkan lebih dari seratus persen.

Bawang putih misalnya dari semula harganya 18 ribu per kilonya kini melonjak menjadi 40 ribu rupiah perkilonya,begitupula dengan bawang putih dari semula hanya 15 ribu per kilo kini melonjak drastis hingga 50 ribu per kilonya.bahkan sejumlah pedagang mengaku kehabisan stok bawang putih. Sedangkan merica dari 40 ribu rupiah per kilo menjadi 70 ribu rupiah.

Menurut sejumlah pedagang kenaikan ini sudah berlangsung sejak beberapa hari lalu. Pedagang sendiri mengaku tidak tahu faktor penyebab melonjaknya sejumlah kebutuhan pokok ini.

Meski harga melonjak cukup drastis namun ternyata tidak mempengaruhi daya beli masyarakat. Salah seorang pedagang, rabia bahkan mengaku kehabisan stok bawang putih karena tingginya permintaan warga. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here