2011 Sulteng konversi gas

0
166

PALU – Tahun ini belum ada konversi minyak tanah ke gas elpiji di Sulawesi Tengah hingga Pemerintah Daerah Sulteng memberikan lampu hijau kepada pihak Pertamina.

“Kami siap saja, tinggal tunggu rekomendasi pemda setempat. Jika masyarakat sudah siap, maka konversi akan segera dilakukan menyusul Provinsi Sulawesi Selatan yang sudah mengonversi minyak tanah ke gas elpiji,” jelas Bagian Gas dan Dum Pertamina Palu, Andi Yusuf beberapa waktu lalu.

Dikatakan Yusuf, adanya penyebaran elpiji 3 kg yang merupakan gas subsidi di Palu, bukan dari pihak Pertamina. Melainkan dari daerah luar yang disalurkan oleh oknum yang ingin mengambil untung.

“Yang sempat kami temukan itu dari pedagang dari Makassar yang pindah ke Palu dan membawa gas elpiji 3 kg yang dijual kepada masyarakat Palu,” terang Yusuf.

Pihaknya hanya menunggu dari pemerintah saja dan kemungkinan akan terlaksana pada 2011 mendatang. Dari hasil wacana dari pemda setempat, tahun ini belum memungkinkan kesiapan masyarakat untuk konversi.

“Sosialisasi bertahap pun agaknya belum dilakukan. Masih banyak proses yang harus dilewati sebelum konversi dilakukan,” ujarnya.

Pihaknya yang merupakan operator siap melaksanakan kapanpun koversi tersebut mulai dilakukan. Beberapa daerah lain juga tengah bersiap untuk konversi minyak tanah ke elpiji. Diantaranya adalah Provinsi Gorontalo. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here