LPM Matra galang dana untuk korban gempa

0
117

PALU  – Puluhan aktifis yang tergabung dalam Lembaga Mahasiswa Mamuju Utara (LPM Matra) Sulawesi Tengah, menggelar aksi penggalangan dana untuk korban gempa tektonik yang mengguncang Kabupaten Mamuju Utara,Sulawesi Barat 16/6 lalu, di Jalan Hasanudin, Palu, Jumat (25/6) malam ini.

Selain melakukan pengalangan dana, massa LPM Matra juga sempat berorasi. Mereka juga memprotes adanya investor asing yang saat ini telah siap beroperasi untuk melakukan pengeboran minyak bumi di wilayah Kabupaten Mamuju Utara. Hal ini dipicu setelah munculnya semburan gas di sekitar perkebunan sawit milik warga, di Desa Kasano, Kecamatan Baras.
Hingga kini pemerintah setempat belum memastikan dampak yang bisa ditimbulkan akibat semburan api dan lumpur panas tersebut. Namun warga khawatir bila tidak terkendali akan membahayakan warga yang bermukim tidak jauh dari titik semburan api dan lumpur panas ini.

Gempa berkekuatan 5,3 skala richter yang mengguncang Kabupaten Mamuju,menelan satu korban jiwa, 135 orang mengalami luka-luka berat dan ringan. Sementara itu, sedikitnya 94 unit rumah warga mengalami rusak berat, sehingga beberapa diantaranya tidak dapat digunakan lagi. Gempa tersebut juga merusak sejumlah gedung milik pemerintahan dan sekolah di Kecamatan Baras.

Hingga saat ini sebagian warga masih mendiami tenda-tenda pengungsian,karena mereka yang rumahnya mengalami rusak berat belum memiliki tempat tinggal yang layak. ***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here