DPRD Jajaki kerja sama pengembangan bisnis

0
199

JAKARTA – Berbagai upaya terus dilakukan untuk membuat bisnis PD Sulteng berjalan optimal. Salah satunya adalah dengan menjalin kerjasama antara PD Sulteng dengan institusi bisnis lain.

Salah satunya adalah kerjasama dengan PD Pasar Jaya, sebuah badan usaha milik Pemprov DKI Jakarta.
Ada beberapa hal yang dikerjasamakan di antaranya, penguatan sumber daya manusia, manajemen dan pengembangan bisnis. Untuk hal yang satu ini, DPRD Sulteng menawarkan beberapa core business yang bisa dikerjasamakan.

“Jika ada core business yang bisa dibuatkan kerjasama maka ini perlu ditindaklanjuti,’’ ujar Ketua Komisi II DPRD Sulteng, Yus Mangun.

Manajer Penelitian dan Pengembangan PD Pasar Jaya Ir Sumanto, mengatakan hal tersebut merupakan salah satu langkah PD Pasar Jaya untuk mengembangkan sayap bisnis di luar DKI Jakarta.

Sumanto yang saat itu didampingi Manajer Keuangan Alimuddin, kemudian menjelaskan profile company PD Pasar Jaya. Menurutnya, PD Pasar Jaya hanya mempunyai satu bisnis inti (core business) yakni pengelolaan pasar.

Saat ini PD Pasar Jaya membawahkan 153 pasar yang tersebar di seantero Jakarta. Terdiri dari pasar tradisional, pasar modern dan pasar khusus. Dari jumlah tersebut ada tiga pasar yang memberikan kontribusi terbesar yakni, Pasar Jatinegara, Tanah Abang dan Pasar Induk Kramat Jati.

Ia menjelaskan setiap tahun, perusahaan kebanggaan Pemda DKI Jakarta ini baru bisa menyumbang 1 persen dari total pendapatan asli daerah (PAD) DKI Jakarta sebesar Rp22 triliun. Pada 2009, perusahaan ini menyetor pendapatan ke kas daerah sebesar Rp24 miliar dan pada 2010 ditargetkan sebesar Rp26 miliar.

Pihaknya aku Sumanto mengelola sedikitnya 1.100 unit usaha, mulai dari rumah susun sewa (rusunawa), parkir dan reklame hingga MCK. Sekalipun berada di bawah naungan pemerintah DKI namun roda perusahaan dijalankan dengan professional seperti halnya perusahaan umum lainnya. misalnya, rekrutmen jajaran Direksi dilakukan oleh lembaga independen dengan persetujuan Gubernur.  Kemudian kebutuhan pegawai/karyawan selalu disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here