REI Sulteng terkendala pembiayaan

0
204

PALU – Dalam pengembangan real estate di Kota Palu tahun 2010 ini, Real Estate Indonesia (REI) Sulteng  mengatakan, salah satu kendala adalah pembiayaan dari perbankan.

“Kami berharap perbankan bisa membuka akses seluas-luasnya pembiayaan kepemilikan KPR bagi masyarakat,” tutur Wakil Ketua REI Sulteng, Firdaus kepada media ini, Jumat.

Dikatakannya, pihak perbankan perlu mempublikasi seluas-luasnya system kepemilikan KPR. Hal ini dikarenakan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui secara detail systemnya. “Masih cukup banyak masyarakat awam yang belum mengetahui tata cara membeli rumah dengan cara kredit,” jelasnya.

Meskipun pihak perbankan mengatakan membuka secara luas pembiayaan perumahan, namun Firdaus mengatakan kenyataan dilapangan tidak seperti itu. Pihak bank tetap mempertahankan angka likuiditasnya agar laporan pasiva dan aktiva tetap sehat.

Selain kendala pembiayaan dari pihak perbankan,Firdaus membeberkan beberapa kendala yang harus diselesaikan demi memenuhi kebutuhan perumahan masyarakat. Diantaranya adalah persyarataan pemohon yang tidak bankable, persoalan listrik dan air, regulasi perizinan serta infrastruktur.

Banyak pemohon yang tidak lolos seleksi berkas oleh pihak perbankan. Hal tersebut dikarenakan banyaknya persyaratan yang tidak bisa dipenuhi oleh masyarakat. “Padahal cukup banyak masyarakat yang seharusnya layak memiliki rumah namun karena persyaratan baku perbankan akhirnya gugur,” pungkasnya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here