Gempa Sulawesi Barat, Satu Tewas Puluhan Rumah Rusak

0
125

PASANGKAYU –  Gempa bumi berkekuatan 5,1 skala ricter Rabu (16/7) mengguncang Kabupaten Mamuju Utara Provinsi Sulawesi Barat. Akibat gempa bumi itu, satu warga tewas sementara puluhan rumah luluh lantak. Hingga Kamis (17/7) sore, warga korban gempa Mamuju Utara masih berada di antara puing-puing bangunan rumah mereka yang rusak.Mereka berusaha bertahan di tenda-tenda darurat yang dipasang di halaman rumah karena masih takut dengan munculnya gempa susulan.

Guncangan gempa yang dirasakan cukup kuat bagi warga Desa Kasano Kecamatan Baras Kabupaten Mamuju Utara ini, membuat warga ketakutan. Mereka memilih untuk bertahan di tenda-tenda darurat di halaman rumah agar bisa tetap aman bila terjadi gempa susulan.

Rumah-rumah yang mengalami kerusakan berat terutama pada jebolnya dinding-dinding tembok rumah. Sedangkan untuk rumah panggung, ada juga yang ambruk dan terduduk di tanah. Salah sebuah rumah bahkan menmpa sebuah mobil  yang sedang diparkir pemiliknya saat gempa mengguncang.
Selain rumah warga yang rusak, dampak gempa juga merusak sejumlah fasilitas pemerintah seperti kantor kepala Desa Kasano dan sekolah.

Lamuda, warga yang sedang sakit keras saat terjadi gempa sedang sendirian beruntung bisa berhasil menyelamatkan diri.

Menurut Kepala Kecamatan Baras Irfan Rusli Sadek, saat ini pihaknya belum dapat memastikan dampak kerusakan pada rumah-rumah. Bahkan masih ada dua desa yang belum memasukkan data kerusakan.

Sementara itu, Inaldi,  koordinator taruna siaga bencana atau Tagana Mamuju Utara,jumlah kerusakan sementara mencapai seratusan rumah 14 rumah rusak berat, 17 rusak sedang, dan 78 rusak ringan.

Untuk korban jiwa, satu orang meninggal dunia, empat orang luka berat, dan puluhan orang luka ringan, korban dirawat ke Makassar dan Mamuju.

Gempa bumi tektonik yang mengguncang Kabupaten Mamuju Utara Propinsi Sulawesi Barat, menimbulkan jatuhnya satu korban tewas bernama Awaluddin dan merusak ratusan rumah. Guncangan gempa bumi mencapai 5,4 skala richter pada Rabu (16/06) kemarin. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here