DEMONSTRASI TUNTUT PENGHENTIAN REKAPITULASI SUARA PEMILUKADA POSO

0
184

POSO – Ratusan orang pada hari Senin 7 Juni 2010 berdemonstrasi menuntut penghentian Rekapitulasi Suara Pemilukada tingkat Kabupaten Poso. Dari pemantauan mediaposo.com massa mulai berkumpul sejak pukul 8 pagi di Lapangan Sintuwu Marosso Poso sambil turut membawa serta alat-alat aksi seperti Poster dan Spanduk. Asap juga terlihat keluar dari ban ban bekas yang dibakar ditengah jalan jalur dua.

Sementara itu di sekitar Arena perhitungan Rekapitulasi Suara Pemilukada Poso di Gedung PGRI jalan Pulau Kalimantan, terlihat konsentrasi aparat Kepolisian yang bersiaga. Kepala Bagian Operasional Polres Poso, Komisaris Polisi Abdul Manaf mengatakan untuk mengamankan proses rekapitulasi suara, Kepolisian Polres Poso menyiagakan 1000 personil Polisi yang disebar di 3 titik yaitu Gedung PGRI, Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Poso, dan Panitia Pengawas Pemilukada.

“semuanya dari unsur Perintis, Samapta dan Brimob disiagakan untuk  mengamankan lokasi-lokasi yang menjadi sasaran aksi demonstrasi” ujar Kompol Baitul Manaf kepada mediaposo.com.

Sekitar jam 11 wita, massa lalu bergerak dengan melakukan long March menuju gedung PGRI. Kedatangan massa langsung disambut barikade aparat Kepolisian.

“Dengar Perintah Kapolda tadi, Apapun yang terjadi pertahankan!” Perintah Kapolres Poso AKBP Roem Taat kepada barisan polisi untuk tidak mengizinkan massa aksi memasuki halaman Gedung PGRI Poso yang berada di Jalan Pulau Kalimantan.

Kapolda Sulawesi Tengah Brigjend Polisi Muhammad Amin Saleh juga terlihat memantau pengamanan Polisi disekitar areal Perhitungan Rekapitulasi Suara. Berkali-kali dari mobil yang memuat sound system terdengar permintaan agar aksi demonstrasi damai itu dapat diizinkan untuk memasuki gedung PGRI tempat pelaksaan rapat pleno rekapitulasi suara pemilukada Poso.

“Kami mohon kepada Bapak Kapolda Sulawesi Tengah.izinkan kami masuk, kami tidak akan anarkis”

Setelah melalui proses negosiasi akhirnya Kepolisian hanya mengizinkan perwakilan Massa untuk masuk ke gedung PGRI. Ditempat itu perwakilan menyampaikan sejumlah tuntutan diantaranya agar Panwas Kabupaten Poso segera menindaklanjuti secepatnya penemuan dan pengaduan atas pelanggaran yang disebut dilakukan oleh pasangan calon bupati/wakil bupati nomor urut 4.

Tuntutan lainnya adalah meminta agar Panwas Kabupaten Poso dan pihak Kepolisian untuk segera menghentikan proses perhitungan suara sampai dengan adanya keputusan hukum tetap.

“Meminta agar aparat kepolisian melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap proses pengadaan surat suara di KPU Kabupaten Poso, sekaligus mendesak KPU Kabupaten Poso untuk menghentikan penetapan hasil rekapitulasi penghitungan suara dan pengumuman hasil Pemilukada Kabupaten Poso” Tegas H.Zainuddin yang membacakan pernyataan sikap dihadapan sidang Pleno Rekapitulasi Suara Pemilukada Kabupaten Poso.

Menyikapi tuntutan ini Ketua KPU Kabupaten Poso Iskandar Lamuka, mengatakan berdasarkan mekanisme perundang-undangan yang berlaku, KPU tidak dapat menghentikan tahapan Pemilukada

“Ketika ada gugatan, keberatan kepada pihak pihak yang terkait, baik itu berupa indikasi pelanggaran Pidana, maupun pelanggaran yang berkaitan dengan perselisihan maka selagi belum ada keputusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap, maka KPU tidak dapat mengambil tindakan untuk menghentikan tahapan Pemilukada” jelas Iskandar Lamuka kepada perwakilan massa.

Massa yang kecewa dengan tidak dikabulkannya tuntutan mereka terkait penghentian rekapilutasi penghitungan suara kemudian mengalihkan aksi mereka menuju ke Kantor Kabupaten Poso di Jalan Pulau Timor. Namun gerakan massa dari arah DPRD Poso ini dihadang oleh personil Polisi yang tidak mengizinkan massa melanjutkan langkah mereka, kecuali perwakilan untuk menyampaikan aspirasi dan tuntutan di kantor KPU Kabupaten Poso.

Hingga berakhirnya aksi demonstrasi bersamaan dengan hujan deras yang turun pada sore harinya, situasi di kota Poso terpantau tetap dalam keadaan kondusif, aman dan lancar . Massapun membubarkan diri dengan tertib.(mediaposo.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here