Samsinar: Hasil Tes Kesehatan Belum Diterima KPU

0
224

Palu-  Anggota KPU Palu, Samsinar Zaid Moga, Rabu(12/5) mengatakan, hasil tes kesehatan tujuh pasangan bakal calon Walikota Palu dan bakal calon Wakil Walikota Palu belum diterima KPU. “Hasil tes kesehatan belum ada, sesuai jadual hasilnya akan diserahkan antara 17-29 Mei 2010 ini,”katanya ditemui diruang kerjanya belum lama ini.

Samsinar menuturkan, tes terakhir yang di ikuti tujuh bakal pasangan calon tersebut adalah tes kejiwaan, semua kandidat baik bakal calon Walikota maupun bakal calon Wakil Walikota mengisi tes kejiwaan yang berjumlah 500 nomor.
Ia mengatakan, prinsipnya KPU Palu hanya akan menerima semua hasil tersebut tanpa memberikan penilain terhadap hasil yang ditetapkan oleh tim dokter.
Hak pemberian hasil tese tersebut adalah memang kewenangan penuh dari tim dokter, labih lanjut dia menyebutkan,  bahwa hasil yang diterima oleh KPU tersebut bukan dalam bentuk angka, ataupun kurva atau semacamnya, yang KPU terima adalah kesimpulan para tim dokter sesuai hasil pemeriksaan dari masing-masing kandidat.
“Jadi yang KPU Palu terima nanti itu hasil kesimpulan mereka, yakni memenuhi syarat(MS) atau tidak memenuhi syarat(TMS),”katanya.
Samsinar juga menegaskan, sesuai ungkapan ketua KPU Palu dalam setiap kesempatan yang mengatakan bahwa keputusan tim dokter soal pemeriksaan kesehatan calon adalah final, jadi jika ada kandidat yang memang di nyatakan TMS maka kita sangan menyayangkannya, sebab harus digugurkan dari pencalonan.
Namun apabila keputusan tim dokter tersebut mengatakan MS, maka KPU Palu pun akan mengiyakannya sesuai dengan tahapan dan ketentuan yang telah di atur dalam Undang-Undang pilkada dan peraturan KPU khususnya mengenai status dan independensi tim dokter dalam menghasilkan putusannya tersebut.
“Yang pasti KPU Palu akan menjalankan semua tahapan ini sesuai peraturan yang ada, termasuk mengenai hasil pemeriksaan tes kesehatan oleh dokter,”tandasnya.

 

Laporan: Syarif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here