Dinyatakan Lengkap, Berkas Perkara Tersangka Kayu Illegal Dilimpahkan ke JPU

0
70

PALU, beritapalu | Kejaksaan tinggi  Sulawesi Tengah melalui Aspidum Kejati  menyatakan berkas perkara kasus pengangkutan kayu Illegal oleh tersangka IBR alias Nyo yang ditemukan tim Balai Gakkum Seksi Wilayah II di Palu bersama Dishut Propinsi, Denpom TNI, Reskrimsus Polda Sulteng dinyatakan lengkap.

Penyerahan berkas illegal logging dari Balai Gakkum Wilayah II Sualwesi ke JPU, Kamis (21/6/2018). (Foto: Balai Gakkum wil.II Sulawesi)

Seperti diberitakan sebelumnya, tim gabungan tersebut menangkap muatan kayu yang diduga ilegal di jalan Trans Sulawesi sekitar Desa Ombo, Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala pada 22 April  2018 lalu.

Dengan dinyatakan lengkapnya berkas kasus tesebut, selanjutnya siap untuk maju dipersidangan.

Kasie Wilayah II Balai Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi, Subagio  menyebutkan, tersangka dan barang bukti berupa truk dan kayu bantalan yang dititip di Rumpbasan sudah diserahkan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari kamis (21/6/2018) oleh PPNS Balai Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi.

“Kami berharap putusan pengadilan akan memberikan efek jera kepada pelaku dan orang-orang yang selama ini terlibat dalam aktifitas Illegal loging, karena  penyidikan tidak boleh berhenti pada satu tersangka saja,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Balai Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi , Ir.Muh. Nur, pihaknya sedang mengembangkan penyidikan untuk mencari hubungan dengan tersangka lain dan akan melanjutkan kasus ini untuk menindak tegas pelaku kegiatan illegal logging lainnya agar memutus mata rantai peredaran kayu illegal yang cukup  meresahkan tersebut.

Tersangka dijerat dengan pasal 83 ayat 1 huruf b Jo pasal 12 huruf e atau pasal 88 ayat 1 huruf a Jo pasal 16 atau pasal 87 ayat 1 huruf a Jo pasal 12 huruf k UU No. 18 tahun 2013 tentang Pencegahan  dan Pemberantasan  Perusakan Hutan  Jo pasal 55 ayat 1 ke 1  KUHP. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.