GenPi Sulteng akan Dideklarasikan, Diharap Perkuat Promosi Wisata

0
75

PALU, beritapalu | Setelah terbentuk di tingkat nasional sejak beberapa waktu lalu, kini giliran Sulawesi Tengah akan mendeklarasikan kehadiran Generasi Pesona Indonesia (GenPI) pada Minggu (24/6/2018) di Anjungan Teluk Palu.

(Source: GenPI Sulteng)

“Pembentukan GenPI ini merupakan langkah strategis untuk mempromosikan pariwisata Sulteng. Kami harap pariwisata Sulteng semakin kuat dengan hadirnya GenPI,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulteng, I Nyoman Sriadijaya, Selasa (19/6/2018) dalam rilis yang diterima redaksi beritapalu.com.

Selaku penginisasi kehadiran GenPI di Sulteng, I Nyoman berharap, kiprah GenPI sebagai motor promosi wisata seperti yang sudah dilakukan di sejumlah wilayahlainnya dapat juga terwujdu di Sulteng ini.

Ia mungkapkan, GenPI Sulteng diawaki oleh sejumlah anak muda yang dalam kiprahnya nanti akan memanfaatkan konsep digital. Optimalisasi peran medsos juga menjadi salah satu fokusnya agar promosi wisata daerah menajdi lebih efektif.

“Sebagai serdadu digital, GenPI selama ini sangat efektif mempromosikan pariwisata. Ini sangat bagus diaplikasikan di Provinsi Sulteng. Apalagi Sulteng memiliki potensi pariwisata yang sangat luar biasa,” imbuhnya.

Pada seremoni deklarasi nantinya, acara akan diset santai ala anak muda. Kegiatannya adalah Fun Bike ala GenPI. Para peserta akan diajak bersepeda santai mengelilingi berbagai destinasi unggulan yang ada di Kota Palu.

“Para pesertanya sendiri terdiri dari berbagai unsur. Baik itu pimpinan daerah, instansi pemerintahan, siswa sekolah, serta anggota dari berbagai komunitas. Yang pasti seru. Sekaligus sebagai ajang Road to Tour de Central Celebes 2018, yang sampai saat ini sudah ada 20 tim dari berbagai negara yang terdaftar,” sebutnya.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi Don Kardono mengatakan, seperti GenPI daerah lainnya, GenPI Sulteng merupakan garda terdepan promosi pariwisata Indonesia.

“GenPI harus menuliskan semua hal menyangkut potensi pariwisata daerahnya masing-masing. Mereka lalu memviralkannya melalui medsosnya. Konsep seperti ini jauh lebih efektif, termasuk untuk menjual destinasi yang ada di Sulteng. Yang penting no hoax, no SARA, dan no politics,” jelas Don Kardono.

Dijelaskannya, GenPI merupakan komunitas yang bersifat sosial atau volunter. Maka harus diaktivasi dengan acara agar terus aktif. Bisa melihat calendar of events, destinasi wisata, maupun kebijakan kepariwisataan yang ada.

“Misalnya membuat event di destinasi wisata yang ada di Sulteng. Membuat pasar digital setiap minggunya. Lomba fotonya di Instagram, lomba video di Youtube, dan lainnya,” jelas Don Kardono.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga sependapat. Menurutnya, pembentukan GenPI Sulteng akan menambah akselerasi serta promosi pariwisata Sulteng. Apalagi potensi pariwisata Sulteng sangat luar biasa.

“Ini sangat bagus. Pembentukan GenPI Sulteng tentunya akan sangat membantu pariwisata Sulteng itu sendiri. Kalau soal potensi pariwisata Sulteng sudah tidak diragukan lagi. Apalagi potensi wisata baharinya. Tentu ini harus dimaksimalkan,” kata Menpar.

Menpar pun kembali mengingatkan, GenPI merupakan bagian dari implementasi program yang telah ditetapkan Kemenpar RI untuk 2018. Oleh sebab itu seluruh pihak juga harus memberikan dukungan penuh. Sehingga nantinya terjalin kerjasama yang baik.

Di bagian lain, Ketua Harian GenPI Sulteng Suzana Dorothea mengatakan, sejak kepengurusan GenPI Sulteng terbentuk, dirinya bersama unsur pengurus lainnya langsung mengambil langkah-langkah taktis agar secepatnya dapat bekerja.

“Struktur sudah kita sempurnakan, personel juga sudah kita tempatkan sedemikian rupa. Sekarang mengunggu deklarasi, dan selanjutnya go,” sebutnya.

Perempuan yang akrab disapa Suzan ini menyebutkan, sesuai dengan khittahnya, GenPI Sulteng akan berusaha keras mendorong dan memperkuat promosi wisata Sulteng.

“Banyak hal yang belum tereksplore dengan baik terkait pariwisata ini. Karena itu, doakan GenPI Sulteng bisa bekerja maksimal, tentu saja dalam koridor aturan agar apa yang diharapkan dari kehadirannya dapat benar-benar diimplementasikan,” pintanya. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.