Calo Perpanjangan Uji Kir di Dishub Donggala Ditangkap

0
33

DONGGALA, beritapalu | Dua orang Pekerja Harian Lepas (PHL) di Dinas Perhubungan (Dishub) Donggala ditangkap Tim Satgas Saber Pungli Ditreskrim Polda Sulteng belum lama ini.

Petugas menunjukkan sejumlah buku dan lembaran keterangan pengganti Kir yang disita dari dua tersangka calo di Pos Dishub Donggala di Labuan belum lama ini. (Foto: Istimewa)

Keduanya yang masing-masing berinisial BD (26 tahun) dan FD (30 tahun) ditangkap karena diduga bertindak sebagai calo perpanjangan uji Kir tanpa melalui prosedur yakni pengujian.

Mereka ditangkap di Pos Pantau Dishub di Desa Labuan, tidak jauh dari jalan masuk lokasi SekolahPolisi Negara (SPN) Labuan Panimba, Kamis (23/5/2018) lalu.

Setidaknya 19 buah buku uji Kir yang disita saat penangkapan tersebut dan satu blok lembaran keterangan pengganti Kir dari keduanya di Pos tersebut.

Informasi yang berhasil dihimpun, modus percaloan yang dilakukan keduanya yakni menerima titipan buku atau kartu uji Kir dari pemilik kendaraan untuk diperpanjang.

Buku Kir yang dititipkan tersebut kemudian dibawa ke Kantor Dishub Donggala untuk proses perpanjangan tanpa dilakukan pengujian dengan biaya antara Rp120 ribu hingga Rp150 ribu per buku Kir yang seharusnya menurut aturan resmi hanya Rp60 ribu.

Tim Satgas Saber Pungli Ditreskrim Polda Sulteng mengemukakan,pihaknya masih melakukan pengembangan untukmengungkap aktor daripraktik percaloan kartuKir ini.

Keduanya akan dijerat dengan Pasal 12 huruf (a) UU No. 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi(Tipikor) dengan ancaman hukuman tiga tahun penjara dan denda Rp50 juta. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.