Pemuda-Pemudi Lintas Agama Hadiri Deklarasi Anti Terorisme

0
82
Sejumlah warga yang tergabung dalam Forum Indonesia Lawan terorisme melakukan doa bersama pada malam Solidarias Kemanusiaan Anti Terorisme di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (15/5). Kegiatan yang dinisiasi oleh 33 organisasi kemasyarakatan (Ormas) lintas agama itu dilaksanakan sebagai bentuk penolakan dan perlawanan terhadap aksi-aksi terorisme sekaligus berdoa untuk persatuan dan keamanan Indonesia. (Foto: bmzIMAGES)

PALU, beritapalu | Ratusan pemuda-pemudi dari berbagai organisasi massa (Ormas) lintas agama menghadiri deklarasi anti terorisme di depan Kantor DPRD Sulawesi Tengah, Selasa (15/5/2018) malam.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Forum Indonesia Melawan Terorisme itu sebagai salah satu bentuk solidaritas atas sejumlah aksi terorisme yang terjadi belum lama ini di Jakarta dan Surabaya.

“Tidak satupun agama yang mengajarkan kekerasan seperti yang dilakukan oleh teroris itu,” ujar salah seorang pimpinan organisasi pemuda yang bergantian menyampaikan orasi di atas panggung terbuka itu.

“Kita tidak ingin persatuan kita terkoyak-koyak oleh aksi terorisme oleh segelintir orang yang mengatasnamakan agama. Karena itu, mari kita rapatkan barisan, mari kita galang kesatuan, kita lawan terorisme, kita nyatakan bahwa kita tidak takut!” teriak salah seorang orator lainnnya.

Aksi yang diwarnai dengan penyalaan lilin dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Padamu Negeri itu dihadiri sedikitnya 33 ormas lintas agama dan komunitas.

Mereka membacakan naskah deklarasi yang berisi seruan melawan terorisme, dukungan terhadap TNI dan Polri untuk mengambil langkah tegas terhadap terorisme serta desakan untuk mempercepat pengesahan UU Anti Terorisme.

Naskah deklarasi itu kemudian diteken oleh para perwakilan organisasi.

Sebelumnya, aksi simpatik juga dilaksanakan, yakni kunjungan timbal balik antara pemuda Kristiani ke pemuda Muslim masing-masing di gereja dan masjid sebagai simbolisasi toleransi yang harus senantiasa dijaga. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.