Berkas Perkara Tersangka Illegal Logging di TNKT Dilimpahkan ke JPU

0
25

PALU, beritapalu | Kejati Sulawesi Tengah menyatakan berkas perkara kasus penebangan kayu yang terjadi dikawasan hutan di desa Patoyan Kecamatan Batudaka Kabupaten Tojo Una-una pada 8 Mei 2018 dinyatakan sudah lengkap (P21) dan siap disidangkan.

Proses pemberkasan tersangka illegal logging TNKT. (Foto: istimewa)

Menurut Subagio, Kasie Wilayah II Balai Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi tersangka dan barang bukti sudah diserahkan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Touna pada 9 Mei 2018 oleh Penyidik PNS Balai Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi.

“Kami berharap putusan pengadilan akan memberikan efek jera kepada pelaku dan orang-orang yang selama ini terlibat dalam aktifitas penebangan liar, penyidikan tidak boleh berhenti pada satu tersangka. Kami sedang mengembangkan penyidikan untuk mencari hubungan dengan tersangka lain dan akan melanjutkan kasus ini untuk menindak tegas pelaku kegiatan penebangan kayu illegal,” ungkap Ir. Muh Nur, Kepala Balai Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi.

Tim Opsgab yang terdiri dari Satuan Polhut Reaksi Cepat (SPORC), Reskrimsus Polda Sulteng, Polhut TNKT pada 14 Maret 2018 lalu menangkap tersangka Demarius yang sedang melakukan kegiatan penebangan kayu di desa Patoyan kecamatan Batudaka Kabupaten Touna tampa memiliki ijin.

Barang bukti yang disita berupa 1 unit chain saw, parang dan alat lainnya yang digunakan untuk melakukan penebangan. Tersangka dijerat dengan pasal 78 KUHP ayat 5 Jo pasal 50 ayat 3 huruf e UU No 41 tahun 1999 tentang Kehutanan Jo pasal 55 ayat 1 KUHP. (afd/*)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here