Sekprov Sulteng Siap Fasilitasi Pokja Kota Tanpa Kumuh

0
69
Sekprov Sulteng Hidayat Lamakarate (kanan) bersama tim pengawas program (Oversight Service Provider – OSP) 8 Sulteng yang dipimpin Tasrief Siara (kedua kanan), Senin (7/5/2018). (Foto: istimewa)

PALU, beritapalu | Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Drs. Mohamad Hidayat Lamakarate, M.Si, menyatakan kesiapannya untuk memfasilitasi kegiatan Kelompok Kerja (Pokja) Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) terkait program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Pernyataan itu disampaikan Hidayat di ruang rapatnya dalam audiensi bersama tim pengawas program (Oversight Service Provider – OSP) 8 Sulteng yang dipimpin oleh Tasrief Siara, Senin (7/5/2018).

Pokja diharapkan dapat mensinergikan pemberdayaan masyarakat dan pembiayaan kawasan-kawasan kumuh yang telah ditetapkan oleh surat keputusan bupati dan wali kota. Program KOTAKU di Sulteng berada di Kota Palu, Kabupaten Poso, dan Kabupaten Toli-Toli.

“Ada 58 lokasi di kelurahan yang kami dampingi di tiga daerah itu dengan luas kawasan kumuhnya 293,19 hektar. Terluas di Toli-Toli 201,69 hektar, lalu Palu 85,16 hektar, dan Poso 5.35 hektar” kata Tasrief Siara, team leader OSP Sulteng.

Sampai dengan tahun 2017, realisasi pengurangan kumuh di Sulteng telah mencapai 59,45 ha.

Sekprov Hidayat menegaskan komitmennya karena nakhoda program nasional ini adalah pemerintah daerah.

Selain komitmen untuk memfasilitasi koordinasi pokja, Sekprov Hidayat juga memberi catatan atas pelaksanaannya di tahun 2018 agar perencanaan dari warga itu dapat dilaksanakan di lapangan agar hasilnya berkualitas.

“Saat lalu saya di Banggai Laut, jalan-jalan lingkungan yang dikerjakan warga itu bahkan melebihi dari rencana pembiayaan,” kata Sekprov Hidayat, menyampaikan kontribusi dan harapan warga agar pembangunan infrastruktur berkualitas. Pada April 2013, Hidayat dilantik menjabat sebagai Bupati di Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Banggai Laut, Provinsi Sulteng. (pm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.