Harsiarnas ke-85 yang Dipusatkan di Palu Siap Dgelar

0
86
Rapat persiapan Harsiarnas oleh KPID Sulteng bersama Sekprov Sulteng yangdihadiri sejumlah instansi terkait di Ruang Sekprov Sulteng, Selasa (27/3/2018). (Foto: Istimewa)

PALU, beritapalu | Peringatan Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) ke-85 yang dipusatkan di Palu, Sulawesi Tengah siap digelar. Panitia dalam rapatnya bersama Sekprov Drs. Moh. Hidayat MSi di ruang kerja Sekprov Selasa (27/3/2018) siang, menyebut persiapannya sudah mencapai 90 persen.

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulteng Hary Azis melaporkan, rangkaian kegiatan Harsiarnas sudah berjalan. Bahkan kampanye Indonesia Bicara Baik telah dilaksanakan sejak dua pecan terakhir dan sudah disisipkan dalam ceramah-ceramah agama baik di masjid dan gereja.

Jugatelah dilaksanakan pembagian bahan literasi media ke ruang-ruang publik dan diskusi buku penyiaran dengan forum taman baca yang dihelat 20 Maret lalu di perpustakaan mini Nemu Buku.

Sedang kegiatan sekolah Pedoman Prilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) yang dipusatkan di kampus UNTAD mulai 28 sampai 29 Maret akan dihadiri sejumlah pemateri dari KPI pusat dan pemateri lokal yaitu Prof. Dr. Zainal Abidin, M.Ag.

Lebih jauh Hary mengatakan, para peserta festival media yang akan dimulai 30 Maret sampai 1 April di halaman belakang kantor gubernur juga sudah mengkonfirmasi kehadirannya.

“Sejumlah 42 peserta meliputi TV nasional dan TV lokal, radio, media cetak dan online, balai bahasa, taman baca dan cyber kreasi dari Kemensetneg,” ujar Hary.

Untuk puncak acara, Hary mengatakan akan berlangsung di Hotel Mercure pada 1 April yang akan diisi dengan orasi ilmiah dari Komisioner KPI Pusat, penandatanganan prasasti dan pelepasan 85 balon udara.

Terkait kehadiran Presiden Joko Widodo pada puncak acara Harsiarnas itu, Ia mengaku pihak panitia dan protokol provinsi masih intens berkomunikasi dengan pihak Setneg untuk memastikannya.

“Adapun Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara sejak jauh hari sudah memastikan diri hadir pada puncak acara,” imbuhnya.

Acara lain yang persiapannya turut dipastikan adalah jalan santai literasi media dan welcome dinner.

Dinas pendidikan selaku penanggung jawab jalan santai, bahwa kegiatan akan diikuti sebanyak 3000 siswa SMA dan SMK se Kota Palu pada 1 April nanti.

Sementara welcome dinner bagi 500 undangan akan dilaksanakan pada 31 Maret di lokasi wisata sate mobil dengan suguhan menu makan malam tradisional Kaili.

RRI Palu juga menyatakan kesiapan untuk menyiarkan langsung rangkaian acara harsiarnas ke-85 mulai dari festival media dan hari puncak di Hotel Mercure via programa 2.

“Kalau ada hal-hal yang prinsip tolong segera dikomunikasikan dengan kami (pemerintah provinsi),” kata Sekprov Moh Hidayat yang saat itu didampingi Asisten Administrasi Umum Muliono, SE.Ak, MM. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.