Mendagri Buka Kerjunas Karate di Auditorium Untad Palu

0
132

PALU, beritapalu | Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Piala Mendagri XX yang berlangsung di Auditorium Universitas Tadulako (Untad) Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (23/3/2018).

Mendagri Tjahjo Kumolo disaksikan Gubernur Sulteng Longki Djanggola menyerahkan piala bergilir kepada ketua pelaksana Erick Tamalagi pada pembukaan Kejurnas Karate Pialam Mendagri XX di Auditorium Untad Palu, Jumat (23/3/2018). (Foto: Istimewa)

Kejurnas yang telah bergulir sebanyak 20 kali itu adalah kerjasama antara Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate Indonesia (Forki) dengan Kementerian Dalam Negeri yang telah berlangsung sejak Rudini menjabat sebagai Mendagri.

Kejurnas tersebut sengaja dilaksanakan sebagai ajang untuk mencari bibit atlet untuk dipersiapkan pada berbagai kejuaraan, baik di tingkat nasional maupun internasional. Ia berharap, Kejurnas yang kali ini digelar di Palu dapat memunculkan bibit-bibit atlet yang berprestasi.

Gubernur Sulteng, H Longki Djanggola yang juga hadir pada pembukaan Kejurnas itu mengatakan, pemerintah dan masyarakat, khususnya para pecinta olahraga beladiri di daerah ini merasa bangga karena dipercaya oleh PB Forki untuk menjadi tuan rumah Kejurnas Karate Piala Mendagri XX tersebut.

Longki mengaku, olahraga karate di Provinsi Sulteng cukup berkembang. Sejumlah atlet asal Sulteng telah mengukir prestasi cemerlang baik di dalam maupun luar negeri.

Ketua Panitia Kejurnas, Erick Tamalagi dalam laporannya menyebutkan, Kejurnas tersebut diikuti 645 atlet dan 184 pelatih, 84 official dari 34 provinsi se Indonesia. Rangkaian dari Kejurnas itu dilaksanakan pula penataran dan ujian wasit juri karate yang diikuti sekitar 598 peserta.

Penataran dan ujian wasit itu dihadiri langsung oleh dewan wasit karate dunia Patrick Lim yang kemudian diseleksi untuk memimpin pertandingan di Kejurnas Karate Piala Mendagri tersebut.

Kejurnas karate di Palu yang akan berlangsung selama tiga hari dari 23-25 Maret 2018 ini melibatkan sebanyak 100 orang wasit dan juri. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.