Fenomena Vernal Equinox Terjadi di Palu

0
96
Warga melintas dengan bayangan pendek tegak lurus di Anjungan Nusantara, Teluk Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (21/3/2018) pukul 12.13 Wita. (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu | Palu, ibukota Provinsi Sulawesi Tengah yang dilintasi garis khatulistiwa (equator) menjadi salah satu wilayah terjadinya fenomena Vernal Equinox, yakni letak bayang benda yang tegak lurus dengan matahari, sehingga bayangan itu hampir tak ada.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyebutkan, vernal equinox terjadi saat matahari berada di atas kepala. Benda-benda yang terpapar matahari berada pada posisi tegak lurus tanpa bayangan.

Hasil pengamatan di sejumlah kota yang dilintasi garis equator posisi matahari berada tepat di atas garis ekuator pada Rabu 21 Maret 2018, atau titik kulminasinya terjadi sekitar 11.50 waktu setempat.

Fenomena ini hanya berlangsung beberapa detik saja. Setelah itu matahari akan berotasi seperti biasanya. Fenomena ini terjadi dua kalis etiap tahun, yakni Maret dan September.

Vernal equinox memberi tanda pergeseran musim. Khusus di Indonesia fenomena ini menandai pergeseran ke musim panas. Tidak ada implikasi khusus yang berdampak terhadap alam dari fenomena ini. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.