Diikuti 675 Karateka, Mendagri Akan Buka Kejurnas di Palu

0
140

PALU, beritapalu | Kejurnas Karate Piala Mendagri XX tanggal 23-25 Maret dipastikan akan dibuka Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo. Kepastian tersebut diperoleh panitia menyusul komunikasi pihak Kemendagri dan panitia pelaksana, Minggu (18/3/2018).

Ilustrasi

“Pak menteri terjadwal ke Palu acara FORKI tanggal 22 menuju Palu dengan garuda jam 18.30 wib take off,” jelas Ery Tamalagi selaku ketua panitia pelaksana.

Yasar Lukman dari kemendagri juga meminta panitia berkoordinasi dengan Pemda Sulteng terkait kehadiran pak menteri dalam acara tersebut.

Kejurnas Karate yang khusus diperuntukkan bagi pembinaan prestasi karateka junior dibawah usia 21 tahun di Palu akan menjadi ajang pemantauan pembentukan tim nasional karate Indonesia ke Kejuaraan Karate Asia Pasific bulan April mendatang dan Kejuaraan Dunia Karate setelah pelaksanaan Asian Games Jakarta.

Dari catatan panitia pelaksana, sejumlah tim sudah berada di Palu. Tim PB Inkado sudah dua minggu berada di Palu dan melakukan pemusatan latihan di Asrama Haji Palu, sementara tim FORKI Sulsel dengan kekuatan 50 orang tiba di Palu Minggu siang. Tim lainnya yang sudah berada di Palu PB Pordibya, Sulawesi Barat

Sementara itu ratusan wasit juri yang akan mengikuti penataran wasit juri juga telah hadir di Kota Palu. “Mereka akan mengikuti penataran wasit juri yang akan dipimpin langsung Dewan Wasit Karate Dunia, Patrick Lim. Dari jumlah 562 yang ikut penataran wasit juri kurang lebih hanya seratusan yang akan memimpin pertandingan,” jelas Ery Tamalagi.

Sementara Ketua Umum Pengprov FORKI Sulteng, H. Ahmad H. Ali berharap kegiatan ini dapat dimaksimalkan keluarga besar karate Sulteng untuk meningkatkan kemampuan.

“Selain ajang menguji tim yunior, kegiatan ini saya harapkan juga menjadi ajang peningkatan kualitas wasit juri karate kita. Saya berharap mereka yang ikut dalam penataran wasit juri benar-benar mempersiapkan diri dan membuktikan kemampuan mereka, karena baru pertama kali terjadi Dewan Wasit Karate Dunia yang memimpin langsung penataran dan refresing seperti ini di daerah. Jadi nanti akan terbukti siapa pengadil-pengadil kita di Sulteng  yang berkualitas,” tegasnya.

Senin (19 Maret) pagi akan mulai dilakukan verifikasi administrasi para wasit juri tersebut. “Tim verifikasi dari PB Forki telah tiba Minggu malam, sebagian lagi tiba Senin pagi. Penataran dan refreshing akan dilakukan sejak 20 – 22 Maret di Auditorium lama Untad,” kata Ery.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.